AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin mengatakan, pihaknya akan berupaya untuk terus meningkatkan kualitas prajurit me­lalui pembinaan satuan yang ter­arah, terencana dan berkelanjutan.

Hal itu disampaikan Rahawarin pada acara syukuran HUT ke 22 Kodam XVI/Pattimura yang jatuh pada 15 Mei yang lalu. Acara yang digelar secara virtual itu dilak­sanakan di Lapangan Tennis Indoor Tapal Kuda, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, Senin (17/5/) dengan mengutamakan protokol kesehatan.

Pada kesempatan itu, Rahawarin memberikan apresiasi dan bangga atas menurunnya tingkat pelang­garan secara drastis.

“Saya ingatkan kembali, agar secara sungguh-su­ngguh dan tidak henti-hentinya ber­upaya meningkatkan kualitas pra­jurit melalui pembinaan satuan yang terarah, terencana dan berkelan­jutan,” ujarnya.

Peringatan ulang tahun Kodam XVI/Pattimura tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lanta­ran berlangsung di tengah-tengah pande­mi Covid-19 yang melanda dunia termsuk Maluku dan Maluku Utara.

Baca Juga: Bupati Pimpin Operasi Ketupat Siwalima 

Dikatakan, Kodam XVI/Pattimura merupakan satuan dengan prajurit  segudang prestasi. Hal ini terbukti dengan perolehan juara 1 video jurna­listik TMMD ke-110, perolehan 144 pucuk senjata illegal beserta 278 butir munisi dan 2 buah bahan peledak.

“Keberhasilan dalam menciptakan kondisi yang stabil, aman dan tertib bersama aparat kepolisian dan menjadi jembatan terhadap masya­rakat dalam penyaluran bantuan presiden berupa handtractor harus diapresiasi,” jelasnya.

Jenderal bintang dua ini juga me­nambahkan, selain prestasi yang diraih prajuritnya, Kodam XVI/Patti­mura juga bersama dengan KONI Maluku bersinergi memajukan dan membina atlet tinju Maluku serta membangun hubungan kekeluar­gaan dengan almarhum M. Nuer Tawainella yang merupakan pahla­wan rakyat pencetus semboyan Lawamena Haulala.

Seperti diketahui, acara   tersebut dilaksanakan secara virtual melalui video conference (vicon) untuk jajaran Korem 152/Babullah yang berada di Ternate dan satuan-satuan di luar Pulau Ambon.

Acara diawali dengan, menyanyi­kan lagu Mars Kodam Pattimura secara bersama-sama, dan diikuti penayangan profil Kodam yang lekat dengan semboyan “Lawamena Haulala” serta sejarah singkatnya.

Acara dilanjutkan dengan doa, se­kaligus pemotongan tumpeng seba­gai simbol rasa syukur. Tak hanya itu, Kodam XVI/Pattimura juga mem­berikan penghargaan kepada sejum­lah prajurit berprestasi, pencipta Mars dan Hymne Pattimura, dan penghargaan kepada para peme­nang lomba video kreatif Aplikasi Klassku. (S-32)