AMBON, Siwalimanews – Memperluas peluang dan kesem­patan anggota TNI-AD dalam inte­raksi dengan angkatan darat negara-negara sahabat, Kodam XVI/Pattimura menjalin kerja sama antar negara ASE­AN.

Kerja sama militer dan latihan bersama antar negara itu bia­sa­nya  diwakilkan oleh pasukan elit se­perti Kopassus atau Kostrad, tapi seka­rang ini dapat diikuti oleh seluruh satuan di jajaran TNI AD.

Untuk memantapkan kerja sama militer dan latihan bersama antar ne­gara sahabat, Kodam XVI/Pattimura mengikutsertakan sebanyak 50 personil terbaik mewakili satuan di jajaran Kodam XVI/Pattimura guna mengikuti sosialisasi bidang kerja sama militer (Kermamil) tahun anggaran 2021/2022 di Swiss-Bellhotel Ambon, Selasa (21/9).

Dalam sosialisasi tersebut memba­has tentang penyiapan kegiatan Ker­mamil antara TNI AD dengan be­be­rapa pasukan militer yang terga­bung dalam organisasi ASEAN. Tujuan uta­ma Kermamil yaitu untuk memperluas peluang dan kesem­patan anggota TNI-AD dalam inte­raksi dengan AD ne­gara sahabat sebagai media komu­ni­kasi dan menjalin tali persahabatan.

“Jadi tujuannya meliputi confidence building measures (tindakan memba­ngun kepercayaan diri), military and defense capacity (kapa­sitas militer dan pertahanan), regional security enhancemen with counter terrorism and maritime security (peningkatan keamanan daerah dengan counter teroris dan keamanan maritim) dan humanitarian asisstance disaster relief and face keeping operation (bantuan kemanusiaan, bantuan bencana dan operasi menjaga perdamaian)”, kata Paban V Kermalat ASEAN, Kolonel Inf Yayan.

Baca Juga: Polda dan Kejati Maluku Rakor Sistim Peradilan Pidana

Kegiatan ini diawali dengan pemu­taran video Latma Kermamil TNI-AD tahun 2021. Dalam kegiatan itu Pa­ban V Kermalat ASEAN menjelaskan adanya kerja sama militer dan latihan bersama antar negara yang biasanya diwakilkan oleh pasukan elit seperti Kopassus atau Kostrad, namun se­ka­rang ini dapat diikuti oleh seluruh satuan di jajaran TNI AD.

Diakhir kegiatan yang diseleng­ga­rakan dengan tetap mematuhi pro­tokol kesehatan itu, Kolonel Yayan menyampaikan beberapa penekanan diantaranya penjelasan tentang tujuan sosialisasi agar para perwira mengetahui dan memahami poin-poin penting tentang cara dan gam­baran bagaimana alur terseleng­gara­nya latma. Dalam menjalin kerja sama luar negeri untuk menggelar lati­han bersama, diantaranya perlu ada­nya mutual benefit dan mutual trust diantara negara yang terlibat. (S-32)