AMBON, Siwalimanews – Dalam upaya meningkatkan kuali­tas sumber daya manusia dan sara­na yang tepat bagi personel pene­rangan di jajaran Kodam XVI/Patti­mura, prajurit Kodam XVI/Pattimura mengikuti pelatihan jurnalistik.

Pelatihan jurnalistik digelar atas kerjasama Kodam XVI/Pattimura dengan tim akademisi dan praktisi pusat, bertempat di Aula Makodam, Kota Ambon, Rabu (18/9/).dan ber­langsung selama empat hari mulai Rabu (18/9)-Sabtu (21/9), dengan menghadirkan pembicara dari kalangan jurnalis senior dintaranya, wartawan Media SCTV Indonesia, Satya Pandia dan Wartawan Media Indosiar sekaligus dosen di pergu­ruan tinggi swasta dan UI, Jannus Timbo Halomoan Siahaan.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq dalam sambu­tannya membuka kegiatan jurnalis­tik tersebut. memberikan apresiasi kepada tim akademisi dan praktisi pusat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada tim akademisi dan praktisi pusat yang telah berkenan memberi­kan pelatihan jurnalis kepada para perwira dan seluruh prajurit, beserta Ibu-ibu Persit KCK PD XVI/Patti­mura,” ujar Pangdam.

Pangdam berpesan, waktu pelati­han ini sangatlah singkat, sehingga peluang ini hendaknya dapat digu­nakan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh aspirasi, pemikiran, pandangan dan pengalaman yang berkaitan dengan jurnalistik, baik dari pemateri maupun peserta lain, agar persoalan maupun kendala yang masih sering di temukan di satuan dapat segera dicarikan solusi untuk bisa diatasi dengan optimal.

Baca Juga: Pemkab MBD Optimis Raih WTP

Dewasa ini, informasi sudah men­jadi suatu komoditi primer, bahkan dijadikan alat untuk membentuk opini publik yang mempengaruhi dan mengendalikan pikiran, sikap dan perilaku manusia.

Dalam ruang informasi yang begitu luas dimana era keterbukaan menjadi hal yang mendominasi, maka jurnalistik menjadi eksistensi yang diandalkan. Oleh karena itu, Guna membangun jiwa jurnalis yang profesional dan sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Kegiatan pelatihan jurnalistik ini merupakan langkah yang positif bagi Kodam XVI/Pattimura dalam upaya meningkatkan kualitas sum­ber daya manusia dan sarana yang tepat bagi personel penerangan di jajaran Kodam XVI/Pattimura untuk mendapatkan pembelajaran tentang seluk beluk dunia jurnalistik.

Dalam penyampaian materi pelati­han dasar jurnalis yang disampai­kan oleh Jannus Timbo Halomoan Siahaan, dijelaskan cara menulis berita dan teknik pengambilan foto yang benar.

“Diharapkan setelah diadakan pelatihan ini para perwira, prajurit, dan ibu persit dapat mengirimkan berita dengan benar, sehingga apa yang dilakukan oleh jajaran Kodam XVI/Pattimura dapat terkekspos di seluruh media.  ”Minimal Mengua­sai dalam hal pengeditan foto atau video, penu­lisan berita dan mampu melawan be­rita palsu atau hoax”, ujar Jannus. (S-19)