AMBON, Siwalimanews – KMP Teluk Ambon yang melayani lintasan Wai-Kailolo akan segera beroperasi memenuhi kebutuhan masyarakat Pulau Haruku.

Kepastian ini disampaikan Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Maluku, M Hatta Hehanussa, kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (13/10) menindaklanjuti hasil pertemuan bersama mahasiswa serta forum aliansi masyarakat Hatuhaha Kabupaten Maluku tenggah terkait dengan tidak beroprasinya KMP Teluk Ambon yang melayani rute Waai-Kailolo.

“Jadi memang PD Panca Karya telah memberikan kepastian dalam rapat bahwa mulai Senin (11/10) kemarin PD Panca Karya telah melakukan pengoprasian KMP Teluk Ambon sesuai dan sudah berjalan,” ujar Hehanusa.

Dijelaskan, berdasarkan laporan PD Panca Karya KMP Teluk Ambon sudah dapat melayani kembali kebutuhan masyarakat khususnya di Pulau Haruku sehingga perekonomian masyarakat dapat kembali normal.

Atas beroperasinya KMP Teluk Ambon, Hehanussa meminta agar pelaksanaan pengoprasian KMP milik Pemerintah Provinsi Maluku ini harus dapat memperhatikan jadwal dan ruta kapal dengan baik, sehingga tidak merugikan masyarakat.

Baca Juga: Satu Anak di LPKA Ambon Jalani Cuti Bersyarat

Menurutnya, komisi III juga telah memberikan warning kepada PD Panca Karya terutama dalam kaitan dengan kesiapan kapal sehingga tidak terulang kembali kejadian serupa artinya jadwal kapal harus tetap ada dan sebaliknya jika tidak dapat beroperasi maka wajib disampaikan pengumuman kepada masyarakat, sehingga masyarakat dapat mengetahui informasi yang pasti.

Politisi Gerindra ini juga ber-harap agar fasilitas pendukung pada pelabuhan Hunimua dan pelabuhan lainya untuk dapat dibenahi. “Kami berharap pihak terkait seperti balai dapat berkoordinasi dengan pihak ASDP sebagai pemilik agar dapat melihat kondisi ini serta bekerja sama pula dengan pemerintah kabupaten,” cetusnya. (S-50)