AMBON, Siwalimanews –  KMP Bahtera Nusantara 02 resmi tiba di Ambon dan kini bersandar di Pabuhan Yos Sudarso, Sabtu (24/10). Kedatangan kapal bantuan Kementerian perhubungan itu, disambut oleh Kadishub Maluku M Ali Malawat dan Plt Dirut panca Karya Rusdi Ambon.

Rencananya kapal jenis roro dengan panjang 71 meter dan lebar 14 meter dengan bobot 1500 GT itu direncanakan akan melayari Ambon-Banda-Tual pergi pulang, akan diresmikan Gubernur Maluku Murad Ismail dalam waktu dekat.

Pantauan Siwalimanews di Pelabuhan Yos Sudarso, saat kapal bersandar Kadishub dan Plt Dirut Panca Karya naik ke atas kapal untuk melakukan pengecekan fasilitas kapal.

Seluruh dek kapal mulai dari tempat penampungan kendaraan bermotor, kemudian sejumlah kursi tertata rapih yang nyaman bagi penumpang lengkap dengan sandaran, serta reclining seat dan kelengkapan lainnya tak luput dari pemeriksaan keduanya.

Baca Juga: Gubernur Terima KMP Bahtera Nusantara 02

Seperti kapal penumpang pada umumnya, kapal ini juga dilengkapi dengan ruangan beberapa kelas baik ekonomi maupun bisnis.

Usai melakukan kunjungan ke semua dek kapal termasuk ruang operasi kapal. Rombongan kemudian turun kembali ke pelabuhan.

Penjabat Dirut Panca Karya, Rusdi Ambon kepada wartawan mengaku, dipercayakan Pemprov Maluku untuk mengoperasikan kapal jenis roro tersebut, namun ia belum mau berkomentar banyak.

”Nanti saja, saya akan berikan komentar ketika diresmikan, mungkin akhir bulan ini atau awal bulan November,”ungkap Rusdi singkat.

Sementara itu salah satu ABK kapal ini kepada Siwalima mengaku, kapal ini bertolak dari Surabaya pada hari Selasa (20/10) sekitar pukul 22.00 WIB dan tiba di Ambon pukul 23.00 WIT.

“Kapal berlayar dengan kecepatan 12-13,5 knot, pelan saja, kapal ini bisa berlayar dengan kecepakan sampai 17 knot,” jelasnya singkat. (S-39)