AMBON, Siwalimanews – KM Putra bermuatan 5 ABK dikabarkan hilang di perairan Pulau Sermata dan pulau Moa bagian Selatan, Kabupaten Maluku Barat Daya pada 29 Mei lalu.

Tiga orang ABK dikonfirmasi berhasil selamat, sementara dua lainnya masih dinyatakan hilang.

Informasi hilangnya kapal ter­sebut baru di terima tim SAR pada Senin (6/6), sehingga dari infor­masi tersebut tim SAR dike­rahkan untuk melakukan pencarian disejumlah koordinat.

“Informasi hilang kontak 29 Mei kemarin, Basarnas Ambon mene­rima informasi tersebut hari Senin tanggal 6 Juni 2022,” ungkap Kepala Kantor SAR Ambon, Mustari, melalui siaran persnya yang diterima redaksi Siwalima, Selasa (7/6).

Dari laporan tersebut, lanjut Mustari,  Basarnas Ambon lang­sung melakukan aksi memapelkan ke stasiun radio pantai ROP, dan meneruskan informasi tersebut ke potensi SAR ke TNI AL, Polair dan Bakamla, serta melaksanakan i-Broadcast ke Basarnas Pusat.

Baca Juga: Sekot: 4 Negeri Segera Miliki Raja Definitif

Menurutnya, pasca koordinasi, Selasa (7/6) pagi tadi Pos SAR Saumlaki  melakukan pencarian  di perairan  Saumlaki  yang diduga mengarah ke Selatan. Namun pencarian tersebut belum membuahkan hasil. Pencarian akhirnya dihentikan dan akan dilanjutkan pada Rabu (8/6).

“Direncankan Rabu besok KN SAR Abimanyu akan bertolak dari Ambon ke Kabupaten  Maluku Barat Daya untuk melakukan proses pencarian korban,” ujarnya.

Untuk diketahui dua korban yang masih dalam pencarian masing masing Yusuf Imimpia dan Yustus Okmemera. (S-10)