NAMROLE, Siwalimanews – Kementerian Perhubungan (Kemen­hub) Republik Indonesia (RI) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menghibahkan kapal KM. Benawa Nu­santara kepada pemerintah Kabupaten Buru Selatan (Bursel).

Proses serah terima hibah kapal terse­but dilakukan di ruang tunggu Pelabu­han Namrole, Rabu (4/3) dan diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sek­da) Kabupaten Bursel, Iskandar Walla bersama Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Bursel Idris Latuconsina.

Sekda dalam sambutannya menjelas­kan, kapal ini dibuat di galangan kapal Bulukumba, Sulawesi Selatan dengan perjalanan selama tiga hari baru tiba di Pelabuhan Namrole.

“Spesifikasi kapal ini berkapasitas 35 GT, panjang 18 meter dan lebar 4 meter. Sedangkan daya muat 24 orang dan barang 10 ton. Untuk awak kapal ini berjumlah 5 orang termasuk Nakhoda. Sedangkan kecepatan kapal berkisar 7-9 knot. Kapal ini dilengkapi dengan kelengkapan keselamatan, seperti komunikasi radio, pelampung serta aspek kenyamanan,” urai Sekda.

Kata dia, dengan penyerahan ini maka kapal ini akan dioperasikan untuk melayani masyarakkat di pesisir Kabu­paten Bursel, baik di Namrole, Leksula, Kepala Madan maupun Ambalau.

Baca Juga: Pemkab SBT Cabut Ijin CV SBM

“Kapal ini akan dioperasikan dan akan dirawat dengan baik sebagai asset transportasi laut untuk kepentingan masyarakat dan menunjang konekti­vitas program tol laut,” jelasnya.

Menurutnya, bantuan kapal ini sangat tepat sekali untuk daerah-daerah pesi­sir, karena kapasitas tidak besar dan sa­ngat cocok untuk daerah yang alurnya dangkal sehingga mampu mendukung kelancaran arus penumpang barag mau­pun wisata dan juga untuk mendukung konektivitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat daerah lebih baik.

“Kapal ini akan digunakan untuk menjangkau daerah-daerah yang masih terisolir, karena belum ada prasarana jalan ke kota kabupaten. Selain itu kapal bantuan hibah Kementerian Perhubu­ngan ini akan digunakan untuk distri­busi barang kabupaten, terutama ba­rang dari tol lat, guna menjaga perbe­daan harga/kapasitas harga barang di wilayah kabupaten Bursel,” katanya.

Kata dia, kapal ini sangat mendukung konektivitas dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di daerah ini agar lebih baik lagi.

“Saya berharap, bantuan ini akan digunakan untuk menjadi moda transportasi masyarakat Bursel yang selama ini belum bisa terpenuhi dengan baik dan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani masyarakat di daerah ini,” harapnya.

Usai acara penyerahan itu, Sekda yang didampingi sejumlah pimpinan OPD, TNI dan Polri pun turut meninjau langsung kapal yang sementara dilabuhkan di Dermaga Pelabuhan Namrole itu. (S-35)