AMBON, Siwalimanews – Bupati Maluku Tenggara Taher Hanubun berharap, figur Ketua Sinode GPM yang baru nanti harus bisa miliki karakter seperti lilin.

Artinya Ketua yang baru nanti harus bisa rela meleleh demi menerangi jalan umatnya, dimana sebagai pimpinan umat dia harus bisa turun langsung melihat kondisi serta memberikan bimbingan kepada umatnya di Seluruh Maluku dan Maluku Utara, termasuk di Kabupaten Maluku Tenggara.

“Siapapun Ketua Sinode GPM yang terpilih nanti harus bisa turun dan temui umatnya langsung, termasuk umat GPM yang ada di Kabupaten Maluku Tenggara,” ucap Bupati kepada wartawan kemarin.

Menurutnya, sambutan Menteri Agama yang dibacakan oleh Sekjen Kementerian Agama Nizar Ali pada pembukaan Sidang Sinode sangat luar biasa.

Untuk itu, budaya lokal orang Maluku harus dibangkitkan kembali dan itu sudah dilakukannya sejak ia dilantik sebagai bupati dengan membangun sarana dan prasarana peribadatan baik gereja maupun masjid.

Baca Juga: Komisi II Minta Polisi Tindak Pangkalan BBM Nakal

”Membangun gereja tidak hanya dilakukan oleh warga gereja tetapi basudara muslim juga ikut membantu, dan ini budaya lokal kita orang Maluku,”  ujarnya.

Dikatakan, siapapun yang terpilih nanti dalam persidangan ini, sangat diharapkan dapat turun langsung melihat dan mendengar jeritan hati umatnya dan ini merupakan harapan dari semua umat GPM di seluruh Maluku.

”Kami berharap Ketua Sinode yang terpilih nanti bisa kunjunggi kami di Malra, karena masyarakat butuh pemimpin yang mengerti tentang umatnya dan memberikan bimbingan,” harapnmya. (S-39)