AMBON, Siwalimanews – Kunjungan kerja Ketua KPK Firli Bahuri ke Ambon dipastikan akan berlangsung pada Kamis (24/9) dan akan melakukan kunjungan kerja selama dua hari. Hal ini dikatakan oleh Ketua Satuan Tugas Pencegahan Korupsi (Korsubgah) Korwil VII KPK, Adlinsyah M Nasution kepada wartawan usai meninjau kesiapan kunjungan kerja Ketua KPK di Kantor Gubernur Maluku Senin (21/9).

Menurutnya ada empat kegiatan penting yang akan dilakukan ketua KPK selama melakukan kunjungan kerja ke Maluku. Di hari pertama Kamis (24/9), melakukan rapat koodinasi dengan Pemprov Maluku terkait dengan aset, siang hari melakukan rapat dengan pihak Polda Maluku, kejaksaan terkait dengan HPH. Pada hari Jumat (25/9) melakukan talkshow ke TVRI bersama dengan BPKP dan didampingi Gubernur Maluku, Murad Ismail dan sore harinya melakukan talkshow ke RRI

“Ada empat kegiatan utama dan kemungkinan beliau akan kembali Sabtu (26/9) pagi,” ujar Nasution.

Sementara kedatangan dirinya bersama dengan teman-teman penyidik KPK ke kantor Gubernur Maluku saat ini selain melihat langsung terkait dengan aset yang akan diserahkan juga melakukan sertifikasi aset miliki PT PLN Maluku Maluku Utara.

“Jadi besok kita akan ada pertemuan dengan Pemprov Maluku dan PLN terkait dengan aset sekaligus menyerahkan aset milik Pemprov Maluku ke Maluku Utara,” katanya.

Baca Juga: Rumah Dinas tak Ditempati, Ketua DPRD Kota Tuai Kritikan

Dirinya mengaku besok (selasa-Red) akan dilakukan penyerahan aset dari Pemprov Maluku ke Maluku Utara.

“Sebenarnya penyerahan aset ini pelaksanannya oleh BPN tetapi KPK berperan dalam mendorong agar proses percepatan ini dilaksanakn dengan baik, makanya saya ke sini,” ujar Nasution.

Selain itu juga dirinya bersama tim akan melihat lagi aset-aset milik Pemprov Maluku “Bicara masalah aset yang ada di Maluku kita mau lihat apakah akan di dorong ke Jaksa pengacara negara dalam hal proses sertifikasi atau bagaimana, esok saya sampaikan termasuk milik PT PLN,” tandasnya.

Kunjungi Ambon

Sebelumnya diberitakanm Ditengah pendemi Covid-19, Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Firli Bahuri dipastikan akan berkunjung ke Maluku.

Orang nomor satu di tubuh lembaga anti rasua ini akan tiba di Ambon pada Selasa (22/9) bersama dengan rombongan.

“Benar pekan depan Ketua KPK kunjungan kerja ke Ambon,” ungkap Sekda Maluku Kasrul Selang saat dikonfirmasi wartawan di Kantor Gubernur, Kamis (24/9).

Kedatangan Ketua KPK ini menurut Kasrul, dalam rangka penyerahan aset milik Provinsi Maluku ke Provinsi Maluku Utara.

“Ketua KPK akan menyarahkan aset Pemprov Maluku ke Pemprov Maluku Utara sesuai dengan MoU yang pernah dibuat, jadi aset kita yang ada disana di serahkan dalam bentuk tanah dan bangunan,” jelas Kasrul.

Dijelaskan, sebelum Maluku Utara berpisah dengan Maluku, banyak aset Pemprov Maluku yang masih berada di wailayah Maluku Utara. “Ini yang nantinya Ketua KPK serahkan ke Pemprov Maluku Utara,” ucapnya.

Ditanya lagi apakah kedatangan Ketua KPK terkait dengan proses pengawasan anggaran Covid, Kasrul menegaskan hal tersebut tidak benar, sebab kedatangan Ketua KPK untuk penyerahan aset. “Soal aset, itu saja, untuk kegiatan lainnya. Nanti tim tiba dalam satu dua hari kedepan baru dapat detail kegiatan lain di Maluku,” tandasnya. (S-39)