AMBON, Siwalimanews – Poltekkes Kemenkes Maluku khususnya program studi keperawatan menjalankan program pengabdian kepada masyarakat, salah satunya melakukan kunjungan je Panti Asuahan Ina Kaka Ambon, Sabtu (21/5)

Program PKM dilakukan tim dosen dan mahasiswa ini merupakan salah satu pilar dari kegiatan tri dharma perguruan tinggi disamping dharma pendidikan dan pengajaran serta dharma penelitian yang wajib dilakukan.

Ketua Jurusan Keperawatan Ambon Rony A. Latumenasse dalam rilis yang diterima Siwalima, mengaku pengabdian kepada masyarakat merupakan pelaksanaan pengamalan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni budaya langsung kepada masyarakat dengan harapan pada kegiatan ini adalah lansia menjadi sehat dan bahagia.

“Jadi program pengabmas yang dilakukan oleh tim dosen dan mahasiswa berupa senam anti hipertensi,” jelasnya.

Menurutnya perubahan yang dialami lanjut usia menyebabkan mereka mudah mengalami peningkatan tekanan darah. Hipertensi merupakan faktor risiko penting untuk morbiditas dan mortalitas kardiovaskular, terutama pada orang tua.

Baca Juga: Harga Sewa Kios Diatas Trotoar Selangit

“Hipertensi adalah penyakit kronis dan sering tanpa gejala, yang memerlukan kontrol optimal dan kepatuhan yang terus-menerus terhadap obat yang diresepkan untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serebrovaskular dan ginjal,” ungkapnya.

Selain terapi farmakologis obat-obatan, terapi non farmako­logis juga mempunyai andil be­-sar dalam pengobatan hipertensi yaitu dengan terapi komple­men­ter. Olahraga seperti senam hi­-per­tensi merupakan terapi kom­­-plementer mind-body therapy.

Senam hipertensi merupakan olah raga yang ringan, mudah dilakukan dan tidak memberatkan pada lansia. Senam yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini disebabkan karena aktivitas fisik akan mengurangi lemak tubuh, dimana lemak tubuh ini berhubungan dengan tekanan darah tinggi.

“Program lain yang dilakukan adalah dengan terapi progresif otot relaksasi. Relaksasi otot progresif adalah teknik relaksasi untuk mengontrol stres dan meredakan kecemasan,” terangnya.

Dalam Kegiatan ini juga pihaknya mengucapakan terima kasih kepada Kepala PSTW Ina Kaka beserta stafnya yang sudah bersedia menerima dan membantu kegiatan pengabmas ini, sehigga dapat berjalan dengan baik dan lancar. (S-09)