AMBON, Siwalimanews – Kepala Badan Kepegawaian Provinsi Maluku Jasmono dan Kepala Biro Perbatasan Negara Poppy Bachmid, terkonfirmasi positif Covid-19.

Sekda Maluku Kasrul Selang memastikan keduanya diketahui terpapar Covid-19 setelah hasil swab, yang dilakukan pada sejumlah organisasi perangkat daerah di lingkup Pemprov Maluku.

Dari hasil swab itu bertambah sekitar belasan positif, termasuk kedua pejabat eselon II tersebut. Dengan demikian saat ini total pegawai Pemprov di Kantor Gubernur yang terpapar berjumlah 50 orang lebih.

“Swab yang kemarin itu kita lakukan itu terhadap beberapa OPD BPBD, Biro Administrasi Pembangunan dan Pengadaan Barang Jasa, Biro Kesra, Inspektorat dan BKD. Hasilnya ada belasan ASN yang positif termasuk Kepala BKD dan Kari Perbatasan,”,” ungkap Kasrul kepada wartawan di Kantor Gubenrur Maluku, Senin (7/9).

Mereka yang terpapar kata Kasrul semuanya rata-rata orang tanpa gejala (OTG), sehingga saat ini mereka masih menjalani karantina mandiri di rumah masing-masing.

Baca Juga: Kasrul: Dua Pimpinan OPD Pemprov Terpapar Covid-19

Untuk memotong mata rantai penyebaran virus ini, maka pelayanan di Kantor Gubernur dilakukan di luar ruangan. Selain itu, tidak semua pegawai diwajibkan bekerja dari kantor, hanya pejabat struktural.

Saat ini di Kantor Gubernur sudah cukup banyak yang terpapar. Oleh sebab itu, Saat ini Kantor Gubernur  tidak lagi menerima tamu maupun pelayanan di dalam ruangan, karena semuanya dilayani di luar secara bergiliran demi memutus mata rantai corona.

“Untuk itu Pemprov Maluku dan Kota Ambon sementara melakukan penelitian terkait epidemologinya kepada keluarga ASN yang terpapar, sebab ada muncul yang namanya klaster rumah tangga,” ungkap Kasrul. (S-39)