Kemkominfo  Komitmen Bantu Pemda Wujudkan Smart City

AMBON, Siwalimanews – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) komitmen membantu pemda termasuk mewujudkan Kota Ambon sebagai smart city.

Kementerian Kominfo berkomit­men membantu Pemerintah daerah mencapai mimpi tersebut. Hal ter­sebut ditunjukkan melalui program palapa ring, pembangunan BTS dan satelit multi fungsi, guna memu­dahkan akses internet diseluruh Indonesia,” jelas Menteri Kominfo, Johny G Plate dalam sambutannya pada penyerahan penghargaan 100 Smart City yang dilakukan kepada Walikota Ambon, Richard Louhena­pessy.

Menkominfo juga memberikan apresiasinya kepada Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuang­an, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan Rakyat, Kemenpan RB, BAPPENAS serta Kantor Staf Kepresidenan, yang telah membantu terlaksananya Gerakan menuju 100 smart city.

Menteri berharap, semua pemang­ku kepentingan mulai dari tingkat pusat hingga ke tingkat daerah dan pelaku industri dapat berkolaborasi demi kemajuan bangsa

Menkominfo menyatakan, gera­kan menuju 100 Smart City yang dilakukan adalah suatu wujud yang kuat bahwa, Pemerintah Pusat me­lalui Kementerian Kominfo mendu­kung penuh Kota-Kota dan kabupa­ten-kabupaten terpilih saat ini, dalam hal peningkatan kualitas pelayanan serta demi mewujudkan Indonesia sebagai Digital Nation.

Dalam kaitan dengan itu, lanjut­nya, Pempus berkomitmen akan te­rus membenahi penyediaan infras­truktur-infrastruktur yang memung­kinkan tercapainya smart city di Indonesia.

Bagi Kominfo, katanya, merupa­kan suatu kebanggaan tersendiri ka­rena melalui kegiatan ini Kemente­rian Kominfo bersama-sama dengan kementerian atau lembaga terkait lainnya dapat mendorong 100 kota dan kabupaten di Indonesia untuk menyusun rencana induk/master plan Smart City di daerah masing-masing.

Hal ini membuktikan, pemerintah serius melakukan peningkatan pe­layanan kepada masyarakat dengan pendekatan kota cerdas.

Mewujudkan kota cerdas memang tidak mudah, namun Kementerian Kominfo berkomitmen membantu Pemerintah daerah mencapai mimpi tersebut.

Ditempat yang sama, Walikota Ambon Richard Louhenapessy menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Kominfo yang memper­cayai Kota Ambon sebagai salah satu dari 100 kota kabupaten terpilih, serta bantuan pembimbingan yang dilakukan dalam menyusun Master Plan Smart City.

Menurut Walikota, penghargaan dan pengakuan serta kepercayaan yang diberikan kepada Kota Ambon menjadi tantangan tersendiri, karena apa yang tertuang dalam Master Plan Smart City harus dapat tereali­sasi dengan baik, demi pelayanan yang memuaskan bagi masyarakat.

“Kita sudah mulai melakukan integrasi aplikasi dan dalam waktu dekat, kita akan bangun Command Center yang tujuannya adalah un­tuk memaksimalkan pelayanan serta mempermudah masyarakat dalam me­manfaatkan layanan yang dise­dia­kan,” demikian Walikota.(S-40)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *