Kemendag Tinjau Pasar Mardika

AMBON, Siwalimanews – Untuk memastikan stok kebutuhan pokok dalam rangka merayakan Natal dan Tahun Baru aman di Maluku, maka Kementerian Perdagangan RI meninjau Pasar Mardika, Kamis (5/12).

Peninjauan dilakukan oleh Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan (BPPP) Kemendag RI, Kasan Muhri, bersama beberapa stafnya.

Mereka didampingi Sekda Provinsi Maluku Kasrul Selang, Kadisperindag Maluku Elvis Pattiselanno, Kepala Disperindag Kota Ambon Piet Leuwol, dan pihak Perum Divre Bulog Maluku Malut. Pemantauan dilakukan di beberapa titik diantaranya, Pasar Mardika, ritel modern seperti Hypermart, gudang distributor milik CV Gema Rejeki dan Perum Bulog.

“Hasil pantauan menunjukkan harga bahan pokok di Provinsi Maluku, khususnya Ambon aman terkendali dan pasokannya cukup untuk menghadapi Natal dan Tahun Baru 2020. Namun demikian, pemerintah akan terus jaga stabilitas harga dan ketersediaan pasokan menghadapi Natal dan Tahun Baru,” ungkap Kasan.

Kerdasarkan hasil pantauan harga di pasar rakyat seperti beras medium dijual dengan harga Rp 11-12 ribu/kg, beras premium Rp 13 ribu/kg, gula pasir Rp 13-14 ribu/kg, minyak goreng kemasan (Fortune dan Bimoli) Rp 11-12 ribu/liter, tepung terigu Rp 9-12 ribu/kg, daging sapi Rp 100 ribu/kg, daging ayam Rp 34-Rp 36 ribukg, telur ayam Rp 25.600-27.200/kg, cabe merah keriting Rp 25-27 ribu/kg, cabe merah besar Rp 25 ribu/kg, cabe rawit merah Rp 25-30 ribu/kg, bawang merah Rp 30-40 ribu/kg, dan bawang putih Rp 32-35 ribu/kg.

Selain memantau harga dan pasokan bahan pokok,  tim Kenebdag juga melakukan rapat kordinasi daerah (rakorda) yang berlangsung di Marina Hotel.

“Menjelang Natal dan Tahun Baru, biasanya terjadi peningkatan permintaan bahan pokok, yang dapat berdampak pada kenaikan harga.

“Untuk itu, perlu dilakukan langkah antisipasi khususnya di daerah-daerah yang mayoritas penduduknya merayakan Natal serta daerah penyumbang inflasi tinggi. Salah satunya, dengan meningkatkan sinergi dan koordinasi dengan pemerintah daerah,” ujar Kasan. (S-40)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *