NAMLEA, Siwalimanews –  Puluhan siswa sekolah dasar kembali di kenalkan nilai-nilai Pancasila oleh anggota TNI dari Koramil 1506-01 Namlea, Sabtu (28/1).

Kali ini giliran siswa-siswi SD di Desa Waemorat, Kecamatan Batabual dan di Desa Batlale, Kecamatan Airbuaya, kabupaten buru yang mendapatkan pengajaran dari dua anggota babinsa.

Babinsa Desa Waemorat, Serda Ade Wahyu kepada wartawan menjelaskan, anak-anak usia dini yang masih berada dalam usia emas akan sangat mudah menangkap dan mempraktekkan suatu hal.

“Oleh karena itu, wajib bagi kita selaku orang tua untuk mengenalkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian anak,” jelas Wahyu.

Menurutnya, nilai-nilai Pancasila ini, tentu saja bukan diperkenalkan secara teoritis, melainkan, anak-anak bisa mulai mengenal Pancasila melalui aktivitas sehari-hari.

Baca Juga: Speedboat Wawali Tual Terombang-Ambing di Laut

“Salah satu contoh mengamalkan nilai Pancasila sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa, cara termudah mengenalkan anak dengan agama dan Tuhan YME adalah dengan mengajaknya beribadah bersama di tempat ibadah sesuai agama masing-masing,” ucapnya.

Sementara di walang belajar Desa Batlale, Kecamatan Airbuaya,  Serda Tasim Alu, juga mengajari anak-anak mata pelajaran matematika dan nilai-nilai Pancasila.

Siswa-siswi SD di Batlale ini, dengan saksama mengikuti mata pelajaran itu hingga selesai.

Pasiter Kodim 1506 Namlea, Kapten Inf A Haris Tumenggung dihubungi terpisah menjelaskan, Pancasila merupakan dasar Negara Republik Indonesia.

“Belajar Pancasila tentu memiliki indikatornya, salah satunya beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa, sesuai kepercayaan masing-masing,” ujar Pasiters. (S-31)