Kebutuhan Pengungsi di Posko Induk Masih Tercukupi

AMBON, Siwalimanews – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Tengah Bob Rahmat memastikan, kebutuhan dasar bagi pengungsi di Posko Induk di Tulehu masih tercukupi di masa perpanjangan tanggap darurat untuk tujuh hari kedepan.

“logistik yang ada ini siap untuk penuhi kebutuhan dasar pengungsi tujuh hari kedepan. Stok yang ada insya Allah cukup,” ucap Bob kepada Siwalimanews di posko induk Tulehu, Rabu (9/10).

Menurutnya, pasca bencana gempa dengan magnitudo 6,8 SR pada Kamis (26/9),  pihak membantu memenuhi kebutuhan pengungsi Malteng, mulai dari bantuan dari presiden , BNPB, kementerian terkait serta pihak swasta.

Walaupun demikian, BPBD sebagai koordinator penanggulangan bencana, juga harus tetap menyiapkan logistik untuk memenuhi kebutuhan mendesak yang dibutuhkan pengungsi seperti, beras, mie instan dan lain sebagainya.

“Sejauh ini, banyak yang membantu. ada juga yang langsung ke titik kumpul pengungsi baik yang ada di Tulehu, Pulau Haruku, Leihitu, Saparua dan Saparua Timur,” bebernya.

Menyangkut dengan data bantuan dan data lainnya, Bob mengaku, pihaknya di posko induk selalu mengupdatenya, namun tidak semua bantuan yang masuk dari pihak swasta, LSM dan lembaga-lembaga non pemerintah lainnya yang melaporkan ke posko induk di Tulehu.

“Ada yang langsung lapor ke kita, ada pula yang tidak. Banyak yang langsung diberikan ke pengungsi, Prinsipnya banyak pihak yang bantu penuhi harapan warga kita yang ada di lokasi pengungsian di semua wilayah yang terkena dampak bencana ini,” tandasnya. (S-36)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *