AMBON, Siwalimanews – Pemprov Ma­luku memastikan usulan pelanti­kan Bupati dan Wakil Bupati Bu­ru Sela­tan Safitri Malik Soulisa-Ger­­son Eliaser Sel­sily sudah di tangan Menteri Dalam Negeri Tito Kar­navian.

“Mereka sedang memproses, kita masih tunggu saja. Yang pasti su­dah ditangan pak menteri,” jelas Karo Pemerintahan Setda Maluku, Dominggus kaya ketika dikonfir­masi Siwalima tadi malam.

Menurutnya, masa kepemim-pinan Bupati Buru Selatan akan berakhir pada 21 Juni mendatang.

“Nanti SK Mendagri yang kita terima itu pelantikan dilakukan pada tanggal 21 Juni ataukah me­nunggu pelantikan bersamaan dengan provinsi dan kabupaten kota lain di Indonesia, kita masih me­nunggu,” ujarnya.

Ditambahkan, sejauh ini pemprov terus berkomunikasi dengan pihak Kemendagri terkait tanggal pelanti­kan nantinya.

Baca Juga: Dekan FKIP Unpatti Dituding Loloskan Proposal Abal-abal

Usul pelantikan

Diberikan sebelumnya, Pemprov Maluku telah mengusulkan pelanti­kan Bupati dan Wakil Bupati Buru Selatan terpilih Safitri Malik Soulisa-Gerson Eliaser Selsily ke Kemente­rian Dalam Negeri (Kemendagri).

Safitri dan Gerson ditetapkan seba­gai Bupati Dan Wakil Bupati Buru Selatan berdasarkan Surat Ke­putusan KPU Nomor:127/TL.02.6-kpt/8109/KPU-Kab/XII/2020 tentang peneta­pan rekapitilasi hasil penghitungan perolehan suara pe­milihan bupati-wakil bupati Bursel tahun 2020.

Keduanya mengalahkan pasa­ngan bupati dan wakil bupati di pilkada serentak yang dilaksanakan pada 9 Desember 2020 lalu yakni pa­sangan Hadji Ali-Zainudin Boy (AJAIB) dan Abdurahman Soulisa-Elisa Lesnussa (MANIS).

Safitri-Gerson atau dikenal de­ngan jorgan SMS-GES berhasil me­raih 16.847 suara atau 43,45 persen, disusul pasangan AJAIB 12.677 dan pasangan MANIS 9.321 suara.

Karo Pemerintahan Setda Maluku Dominggus Kaya yang dikonfirmasi Siwalima, Kamis (27/5) menjelaskan pengusulan pasangan bupati dan wakil bupati terpilih kabupaten buru selatan sudah disampaikan.

“Jadi setelah mereka mengusulkan ke kita, kita kemudian meneruskan usulan ke Kemendari untuk proses pelantikan nantinya,” terang Kaya.

Dijelaskan, berkas usulan sudah sampai di tangan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan tinggal menunggu proses diberbitkan surat keputusan. Dan direncanakan pelantikan akan berlangsung pada 22 Juni mendatang. “Kita tunggu kalau saja prossnya. Kalau sudah ada SK maka proses pelantikan akan segera dilakukan,” tandasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Gubernur Maluku telah melantik tiga pasangan bupati dan wakil bupati hasil pilkada serentak 2020 lalu.

Tiga pasangan ini yakni, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga dan Muin Sogalrey.  Berikutnya, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas-Idris Ruma­lutur, serta Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kepulauan Aru, Johan Go­nga dan Muin Sogalrey. Kedua bu­pa­ti ini dilantik pada 26 Februari 2021.

Sedangkan pelantikan bupati dan wakil bupati selanjutnya adalah Benyamin Thomas Noach dan Agus­tinus Lekwardai Kilikily, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya pada 26  April 2021.

Masih tersisa satu Bupati dan Wa­kil Bupati yakni Buru Selatan Safitri-Gerson yang belum dilantik Gubernur Maluku, Murad Ismail. (S-39)