AMBON Siwalimanews – Jumlah kasus terkonfirmasi menurun, Kota Ambon menjuju ke level I penyebaran virus corona secara nasional.

“Jadi secara nasional itu, covid ini sudah ada pada level 1 secara nasional. Semua itu berada di level 1, nah di Ambon sebetulnya juga realnya itu sudah ada pada level 1,” ungkap Walikota Ambon Richard Louhenapessy kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Kamis (11/11).

Meski secara nasional kota ini sudah menduduki tingkat penyebaran di level I. Namun, hal ini tentu tidak berpengaruh indikator ketercapain pelaksanaan vaksinasi kepada warga lanjut usia.

“itu cuma kita lagi kejar untuk indikator lansia karena dari segi target heart immunity kita sudah mencapai target, bahkan lebih lagi,” bebernya.

Oleh sebab itu Kota Ambon sampai dengan saat ini masih tetap menyandang level II, akan tetapi terdata secara nasional menduduki level level I.

Baca Juga: KPK Supervisi Tiga Kasus Korupsi di Maluku

Untuk itu sementara, Pemerintah Kota Ambon terus berupaya untuk menyelesaikan target tersebut, agar kota ini dapat menduduki level I sesuai dengan data nasional tersebut.

“Tapi, dari indikator lansia itu harus kita penuhi dia untuk tiga persen lagi,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) kota Wendy Pelupessy menambahkan vaksinasi untuk lansia belum mencapai target.

“Kita sementara upayakan semua dapat tervaksinasi,” tandasnya kepada wartawan di Baeleo Rakyat, Belakang Soya Ambon, Kamis (11/11).

Ditambahkan, pihaknya harus menyelesaikan 3,2 persen, sisa lansia untuk menutupi target 60 persen.

“Lansia itu kita masih kurang 3,2 persen. Dan yang baru tercapai 56,8 persen,” pungkasnya. (S-52)