AMBON, Siwalimanews – Kasrul Selang resmi memimpin Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (DPD APWI) Maluku periode 2021-2025, usai dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua Umum DPP APWI Budiarso Teguh Widodo secara virtual di aula BPSDMP Provinsi Maluku, Kamis (7/7).

Kasrul dilantik berdasarkan Surat Keputusan Nomor KEP-063/DPP-APWI/VI/2022 tentang penetapan dan pengesahan susunan pengurus Asosiasi Profesi Widyaiswara Indonesia (APWI) Maluku, periode 2021-2025.

Gubernur Maluku Murad Ismail dalam sambutannya yang dibacakan Wakil Gubernur Maluku Barnabas Nathaniel Orno berharap, sebagai guru bangsa, widyaiswara dituntut menjadi garda terdepan dalam penyiapan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang unggul di era digital learning.

Hal ini, tidak dapat dihindari karena perkembangan teknologi informasi yang dibarengi oleh revolusi industri 4.0 menghadapkan ASN pada era volatility, uncertainty, complexity, ambiguity yang ditandai juga dengan transformasi besar-besaran dan penemuan inovasi baru.

“Sebagai organisasi profesi yang menaungi setiap pejabat fungsional widyaiswara, APWI harus mampu secara terstruktur berkolaborasi menciptakan inovasi-inovasi baru dalam bidang pengembangan kompetensi ASN. Apalagi, tantangan widyaiswara ke depan semakin banyak dan kompleks. Saya yakin, APWI Maluku bisa maju apabila setiap anggotanya memiliki fokus dan arah yang sama,” ujarnya.

Baca Juga: Jaksa Eksekusi Dua Tersangka Bandara Banda

Selain itu kata gubernur, widyaiswara juga harus memiliki kecepatan serta kemampuan adaptasi terhadap segala perubahan kondisi, salah satunya dengan kemajuan teknologi informasi, maka harus diikuti dengan kemampuan widyaiswara dalam menyajikan bahan ajar yang lebih variatif dan kreatif dengan pemanfaatan teknologi informasi tersebut.

“Bagi ketua terpilih, semoga amanah, sehingga dapat membangun kompetensi yang lebih baik bagi pejabat fungsional widyaiswara yang tergabung di dalam organisasi profesi widyaiswara ini,” harapnya. (S-25)