AMBON, Siwalimanews – Kapolri Jenderal Lis­tyo Sigit Prabowo me­minta Polda jajaran, ter­masuk Polda Maluku untuk mengantisipasi sejak dini, potensi gang­guan kambtibmas men­je­lang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Arahan Kapolri ini disampaikan dalam rapat analisa dan eva­luasi (Anev) kamtib­mas bersama melalui video conference, yang diikuti Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri dari ruang rapat utama Mapolda Maluku.

Kegiatan terpusat di Mabes Polri itu, juga diikuti oleh Polres jajaran di seluruh Indonesia, termasuk di Maluku.

Kapolri juga meminta se­luruh jajaran Polri untuk melakukan langkah-langkah anti­sipasi awal, menjelang pengamanan natal dan tahun baru, dengan mendirikan pos PPKM level III di kawasan tertentu.

Menyoal mengenai terjadinya gangguan kamtibmas dibeberapa daerah di tanah air, Kapolri minta kepada para kapolda agar selalu memonitor semua aksi tersebut.

Baca Juga: FKIP Perkenalkan Pendidikan Berbasis Kepulauan

“Seluruh satuan jajaran agar dapat memonitor semua event atau kegiatan masyarakat, tujuannya untuk menghindari terjadinya gang­guan kamtibmas dan menekan lajunya penularan Covid-19 di dae­rah masing masing,” pintanya.

Selain antisipasi kamtibmas sebelum perayaan natal dan tahun baru, mantan Kabareskrim Polri itu mengingatkan jajarannya untuk mempersiapkan lomba orasi men­jelang peringatan hari buruh.

Hal ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat mema­hami bahwa Polri saat ini tidak anti kritik.

Orang nomor 1 di Polri ini me­ngharapkan, adanya partisipasi dari semua elemen masyarakat dalam perhelatan event tersebut. (S-45)