JAKARTA, Siwalimanews – Kapolri Jenderal Idham Azis, mengukuhkan Tim Koordinasi Interpol Indonesia 2020 di Jakarta Jumat (4/12).

Tim ini nantinya bertugas membangun koordinasi dan kerjasama untuk memahami perkembangan aktual tindak kejahatan trans nasional.

“Saya berharap Tim Koordinasi Interpol Indonesia ini menjadi forum yang bersifat koordinatif yang dilaksanakan dalam rangka kerja sama untuk memahami perkembangan aktual tindak kejahatan trans nasional, serta menetapkan berbagai upaya bersama dalam pencegahan dan penanggulangannya,” ujar Kapolri di sela-sela acara pengukuhan tersebut.

Menurutnya, kejahatan trans nasional merupakan kejahatan komprehensif yang memerlukan penanganan yang tepat, cepat, dan sinergis. Untuk itu, diperlukan upaya optimal dan keterlibatan aktif, serta koordinasi yang baik dari seluruh kementerian dan lembaga serta aparatur penegak hukum.

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan tim ini, seperti perlunya meningkatkan partisipasi aktif dan respons cepat dari anggota tim dalam rangka menunjang tugas- tugas ke-Interpolan,” ujar Kapolri.

Baca Juga: Kapolri Diisukan Positif Covid, Kadiv Humas Itu Hoax

Dalam upaya mencegah dan memberantas kejahatan trans nasional kata Kapolri, diperlukan  kewaspadaan terhadap berbagai bentuk ancaman kejahatan trans nasional yang akan timbul, terus melakukan inovasi, penyempurnaan dan evaluasi sehingga dapat mewujudkan sistem kerja yang adaptif, modern, dan fleksibel.

Selain itu, membangun komunikasi dan koordinasi yang baik dengan segala pihak, sehingga tercipta prinsip win win solution, selanjutnya menjaga kekompakan dan sinergisitas yang kuat dengan para stakeholder dalam mewujudkan kolaborasi yang baik dibidang penanggulangan kejahatan trans nasional.

Apresiasi diberikan Kapolri kepada perwakilan kementerian maupun lembaga, yang punya kepedulian untuk memberantas kejahatan trans nasional, sebab sinergitas merupakan cara terbaik dalam membasmi kejahatan tersebut.

“Ini bukan tentang siapa yang hebat, tetapi tentang kebersamaan yang tidak dapat dinilai dengan apapun, terima kasih kepada Kadivhubinter Polri beserta seluruh panitia atas upaya dan kerja keras sehingga acara pengukuhan ini dapat terselenggara dengan baik,” tutup Kapolri. (S-45)