AMBON, Siwalimanews – Dusun Taeno, Desa Rumatiga, Kecamatan Teluk Ambon dicanangkan sebagai Kampung Tangguh Nusantara di Kota Ambon, Kamis (9/7).

Pencanangan kampung tangguh Nusantara, binaan Polresta Pulau Ambon ini dilaksanakan di Dusun Taeno Bawah, dihadiri Kapolda Maluku, Irjen Baharudin Djafar, Kasdam VI/Pattimura Brigjen Gabriel Lema, Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury dan Walikota Ambon, Richard Louhenapessy serta Kapolresta Pulau Ambon, Kombes Pol, Leo Surya Nughraha Simatupang.

Pencanangan Dusun Taeno sebagai kampung tangguh adalah bukti nyata, keseriusan Polri dalam membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok, lewat peningkatan ketahanan pangan serta upaya bersama dalam memerangi dan memutus mata rantai Covid-19.

Pencanangan kampung tangguh menurut Kapolda, merupakan wujud kemandirian warga Dusun Taeno dalam memenuhi kebutuhan sendiri ditengan pandemi Covid-19.

“Dengan adanya pencanangan ini, kita ingin perlihatkan kepada masyarakat bahwa setiap desa ada kawasan tertentu yang dijadikan kawasan desa tangguh, ini merupakan cara untuk mema­jukan ekonomi masyarakat di tengah pandemi. Dengan adanya kawasan seperti ini, setidaknya masyarakat tidak bergantung lagi dengan bantuan dari luar secara nasional,” tandas Kapolda.

Baca Juga: Pemda Diminta Awasi Daerah Rawan Bancana

Menurutnya, kampung tanggung ini bertujuan untuk manjangkau 3 hal, pertama untuk menagkal dampak  penyebaran Covid-19, kedua, memajukan ekonomi yang walaupun kecil tapi sangat berarti bagi masyarakat dan ketiga, apabila dua hal di atas dijalankan maka bantuan sosial yang diprogram secara nasional bisa tepat sasaran.

Dusun Taeno sendiri dapat dijadikan kampung percontohan, dengan harapan dimasa akan datang semakin banyak kawasan kawasan serupa. “Yang diharap­kan sebenarnya bukan pencana­ngan hari ini saja, tetapi bagai­mana nanti di masa-masa yang akan datang semakin bertambah dengan adanya kesadaran masya­-rakat seperti yang diperlihatkan oleh masyarakat yang ada di Dusun Taeno ini,” harap Kapolda.

Selain pencanangan kampung tangguh nusantara, terdapat juga dilakukan panen raya, tebar benih serta bakti sosial berupa pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak Covid – 19 di kawasan tersebut. (S-45)