AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar melakukan peninjauan, sekaligus melihat secara langsung kinerja dari seluruh personil di Polsek Saluhutu, Jumat (17/7).

Dalam kunjungan tersebut, Kapolda didampingi Irwasda Kombes Raden Heru Prakoso, Kabid Propam Kombes Mohamad Syaripudin, Kapolresta Ambon Kombes Leo Surya Nugraha Simatupang.

Turut mendampingi rombongan Kapolda para pejabat utama Polresta Ambon diantaranya, Kabag Sumda Kompol Isack Risambesi, Kasat Reskrim AKP Gilang Prasatia, serta Kasat Bimas AKP Misionaris Nanuru.

Tiba di Polsek Salahutu Kapolda dan rombongan disambut oleh Kapolsek Salahutu Iptu Djafar Lessy sekaligus menjelaskan situasi serta kondisi di wilayah hukum Polsek Salahutu serta menjelaskan kinerja polsek serta beberapa kasus yang terjadi di dwilayah hukumnya yang sementara dalam proses maupun yang telah diungkap.

Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Baharudin Djafar, dalam kesempatannya, mengatakan kunjungan kerjanya bersama pejabat utama Polda Maluku  untuk meninjau secara langsung kinerja personil di lapangan.

Baca Juga: Petani LiliBoi Diajari Cara Basmi Hama Rayap

“Hari ini saya hadir di Polsek ini, saya mau melihat serta meninjau situasi dan kinerja Polsek Salahutu, ini bukan untuk menekan. Ada hal baik yang saya ingin sampaikan buat rekan-rekan dalam kinerja, yakni dapat merangkul para tokoh agama dan tokoh masyarakat,” ujar Kapolda.

Pada kesempatan itu, Kapolda berpesan bagi personilnya dalam pelayanan serta menghadapi permasalahan tertentu di suatu desa harus mengutamakan pendekatan secara keagamaan.

“Sebelum anggota melaksanakan tugas, kalau anggota tersebut dia beragama Muslim saya sarankan harus terlebih dahulu melaksanakan ibdah. Sholat lima waktu itu harus diutamakan dalam diri masing masing anggota,” ucap Kapolda.

Dikatakan, jika ingin menyelesaikan atau menuntaskan satu permasalahan, peran Bhabinkamtibmas sangat diperlukan dalam merangkul masyarakat melalui program Duduk Bacarita Kamtibmas, sebab dengan kegiatan seperti ini bisa memberikan dampak yang positif bagi masyarakat setempat.

“Saya sampaikan buat rekan-rekan, saya selaku Kapolda juga melaksanakan kunjungan ke  Ombudsman dan Komnas HAM, di sana informasi yang kita dapati banyak pengaduan serta keluhan dari masyarakat dan juga adanya kekurangan dalam pelayanan dari institusi Polri kepada masyarakat setempat,” ungkap Kapolda.

Untuk itu jika menyelesaikan satu persoalan di lingkup masyarakat disarankan bagi Kapolsek dan rekan rekan anggota yang ada disini jangan terlalu menyelesaikan permasalahan di kantor polisi dan jangan pernah berpikir di kantor polisi itu dinyatakan aman dan itu adalah solusi yang baik.

Hal seperti ini yang membuat situasi disuatu tempat tidak aman, karena kurang pelayanan bagi masyarakat, dalam keadaan saat ini yang harus utamakan disini adalah musyawarah dan merangkul masyarakat.

“Selaku anggota Polri adalah melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat, Harkamtibamas serta penegakan hukum dalam satuan wilayah kita masing masing. Yang saya sampaikan disini adalah hal-hal hal dalam tugas yang dapat diterapkan dan ini adalah aplikasi untuk rekan-rekan bisa ambil dan simak serta jadi pedoman dan  pegangan untuk melaksanakan dan melayani masyarakat,” pinta Kapolda. (S-45)