DOBO, Siwalimanews – Dalam rangka mengecek persiapan pengamanan pilkada, maka  Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kepulauan Aru, Selasa (15/9).

Dalam kunjungan itu, Kapolda menyempatkan diri untuk melakukan tatap muka dengan Komisioner KPU dan Bawaslu Aru. Kegiatan yang dipusatkan di aula KPU itu, turut dihadiri oleh Komisioner Bawaslu Maluku, Poly Titaley.

Kapolda dalam arahannya mengatakan, sinergitas antar istansi terkait di Kabupaten Aru harus terjaga dan solid untuk menghantar kesuksesan pilkada serentak di daerah ini.

“Pelaksanaan Pilkada di Aru harus berjalan sesuai dengan paraturan dan perundang-undangan sekaligus tetap menaati protokol kesehatan,” ujar Kapolda.

Dikatakan, pilkada kali ini sangat berbeda dari pemilu-pemilu sebelumnya, dikarenakan adanya wabah Covid – 19. Maluku mengalami kesulitan dikarenakan secara geografis, daerah ini memiliki banyak kepulauan, sehingga distribusi logistik agak terlambat.

Baca Juga: 100 Personel Brimob Maluku Ditugaskan Amankan Papua

“Saya sudah sampaikan kalau anak buah saya tidak netral dan tidak benar dalam melaksanakan pengamanan di pilkada kali ini saya akan tindak lanjuti dengan keras,” ucapnya.

Pada kesmepatan itu, Kapolda juga minta agar sinergitas kepolisian, KPU dan Bawaslu di Aru harus tetap solid demi suksesnya hajatan pilkada di kabupaten ini.

Ketua Bawaslu Aru Ambran Bugis pada kesempatan itu mengatakan, Bawaslu telah membentuk pengawas pada tingkat kelurahan/desa yang tersebar di 10 kecamatan. Pengawasan ini dilakukan guna melindungi hak pemilih.

“Selain itu, dalam melaksanakan pengawasan, Bawaslu selalu mengutamakan protokoler kesehatan agar tak menimbulkan klaster baru yakni klaster pilkada 2020,” ujarnya.(S-25)