CLOSE AD

Kapolda: Sinergitas dan Soliditas TNI-Polri Harga Mati

AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Irjen Ba­harudin Djafar menyatakan, si­nergitas TNI-Polri khususnya di Maluku adalah harga mati. Soliditas dan sinergitas tak bisa ditawar-tawar.

Hal itu disampaikan Kapolda saat menyambangi Markas Komando Gugus Tempur Laut (Guspurla) Komando Armada III TNI Angkatan Laut, di kawasan Tawiri, Kota Ambon, Selasa (3/3).

Menurutnya,TNI-Polri merupakan garda terdepan dalam menjaga dan mempertahankan kedaulatan dan keutuhan NKRI serta pelindung bagi masyarakat Indonesia.  Apalagi, kata dia, hal itu merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Idham Aziz.

“Kalau bukan TNI dan Polri, siapa lagi. Makanya sinergitas dan soliditas itu harga mati. TNI-Polri merupakan garda terdepan dalam menjaga dan melindungi tumpah darah Indonesia, dan itu harus kita mulai dari Maluku,” tutur Kapolda.

Mantan Kapolda Sulawesi Barat ini mengatakan, sinergitas dan TNI-Polri di Maluku telah mendapat pengakuan dari Panglima TNI dan Kapolri. Bahkan kedua pucuk pimpinan di dua instansi tersebut meminta supaya menjadikan Maluku sebagai contoh yang baik. “Kita harus mempertahankan dan tunjukan bahwa TNI-Polri di Maluku adalah satu rahim yang tak bisa dipisahkan,” ujarnya.

Apalagi, lanjut Kapolda, dirinya juga dilahirkan dan dibesarkan dari lingkungan TNI.

“Saya dibesarkan di lingkungan TNI, minum susu sinta (susu khusus keluarga TNI-red) yang dibagikan zaman itu, jadi saya juga mau TNI-Polri bersinergi,” tandasnya.

Sementara Komandan Gugus Tempur Laut komando Armada III TNI AL Pertama TNI R Aviantara mengapresiasi kunjuungan Kapolda. “Kita tetap dan selalu dengan jajaran kepolisian di Maluku. Kita juga tunjukan kepada seluruh waega masyarakat indonesia khususnya Maluku bahwa TNI-Polri adalah saudarah kandung yang tak akan dipisahkan dari situasi dan kondisi apapun,” ujarnya.

Kunjungan Kapolda merupakan silaturahim dan memperkuat dan mempertahankan sinergitas TNI-Polri, setelah dirinya dilantik oleh Kapolri Idham Azis menggantikan Irjen Royke Lumowa.

Sebelum mengunjungi Mako Guspura Komando Armada, Kapolda dan sejumlah pejabat menengah di jajaran Polda Maluku mengunjungi Danlantamal IX/Ambon.

Dalam kunjungan Kapolda ke Danlantamal disambut Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto.

Budi menyatakan,  jajarannya siap membantu kapanpun jika dibu­tuhkan. “Sinergitas TNI/Polri me­mang sudah sangat baik. Bahkan Pak Panglima saat berkunjung di Ambon mereka bangga dan memuji siner­gitas kita,” ujarnya. (Mg-1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *