AMBON, Siwalimanews – Kapolda, Irjen Lotharia Latif, memimpin pelaksanaan sosialisasi BPJS Kesehatan kepada anggota Polda Maluku.

Sosialisasi BPJS Kesehatan yang digelar terpusat di Rupatama Mapolda Maluku, Kota Ambon, Senin (30/5), ini diikuti Wakapolda Brigjen Jan de Fretes dan para pejabat utama Polda Maluku serta Kapolres jajaran yang mengikuti sosialisasi melalui video conference serta pihak BPJS Kesehatan.

Kapolda mengaku menyampaikan sosialisasi BPJS Kesehatan sangat penting dilakukan agar dapat dipahami oleh semua anggota polri di jajaran Polda Maluku.

“Selain tugas kita untuk memelihara kamtibmas, kita juga harus melakukan pemeliharaan internal anggota Polri maupun keluarga,” katanya.

Pemeliharaan kesehatan, tambah Kapolda, penting dilakukan karena Negara memberikan penjaminan kepada anggota Polri beserta keluarga melalui PT. ASABRI.

Baca Juga: Dua Triwulan Sertifikasi Guru Diduga Mengendap di Dinas

“Saya sengaja mengundang BPJS Provinsi Maluku untuk menso-sialisasikan jaminan kesehatan kepada anggota Polri sebagai wujud akuntabilitas kita untuk memastikan semua telah dilaksanakan dengan ketentuan yang berlaku sehingga tidak ada lagi personil yang belum tersosialisasikan dengan baik,” harapnya.

Kapolda menekankan agar unit kesehatan yang berada di seluruh jajaran Polres untuk pro aktif melakukan pemeliharaan terhadap personil Polri maupun keluarganya.

“Kami berharap dengan adanya kegiatan ini akan sangat berdampak baik bagi kita semua dan selanjutnya kita dapat melaksanakan langkah-langkah kongkrit,” pintanya.

Mantan Kapolda NTT ini juga mengingatkan Kapolres/Kapolresta untuk memberikan sosialisasi kepada seluruh personilnya terkait BPJS Kesehatan.

“Para Kapolres jajaran juga agar dapat berkoordinasi dengan Kabid Dokkes Polda Maluku terkait BPJS Kesehatan ini,” pintanya.

Untuk diketahui, sosialisasi BPJS Kesehatan kepada anggota Polri merupakan tindak lanjut dari pertemuan sebelumnya yang dilakukan Kapolda Maluku pada Selasa (17/5).

Kapolda meminta agar pihak BPJS dapat memberikan sosialisasi tentang manfaat, dan hak anggota polri dalam mengikuti BPJS Kesehatan.

Ia mengaku, semua anggota Polri wajib mendaftarkan anak dan istrinya untuk mendapatkan hak pelayanan kesehatan dari negara.

Atas permintaan Kapolda tersebut, pihak BPJS menyambut baik gagasan itu, dan kemudian dilaksanakan hari ini. Kegiatan diikuti seluruh pejabat utama, maupun Kapolresta/Kapolres di jajaran Polda Maluku. (S-10)