AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lo­tharia Latif melakukan Serah Terima Jabatan (sertijab) lima Pejabat Utama (PJU).

Para pejabat yang disertijab yaitu Direktur Intelkam, Direktur Polair, Kabid Keua­ngan, Kabid Propam, dan Kabid TIK.

Selain 5 PJU tersebut, Ka­polda juga melantik jabatan Direktur lalu lintas Polda Maluku.

Sertijab dan pelantikan tersebut dilangsungkan di gedung Sport Center Polda Maluku, Tantui, Kota Ambon, Jumat (6/1).

Lima pejabat Polda Maluku yang disertijab yaitu Direktur Intelkam Kombes Rali Mus­kitta dimutasikan sebagai Analis Utama TK.III Ronalis Baintelkam Polri. Penggan­tinya Kombes I Gede Arsana yang sebelumnya menjabat Analis Utama TK.III Ronalis Baintelkam Polri.

Baca Juga: Walikota Minta Dukungan DPRD Wujudkan Ambon Bersih

Direktur Polairud Kombes Harun Rosyid dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Polair Baharkam Polri. Ia digantikan oleh AKBP Handoyo Santoso yang sebelumnya menjabat sebagai Wadir Polairud Polda Kalimantan Tengah.

Selanjutnya, Kabid Propam Polda Maluku Kombes Mohamad Syari­pudin dimutasikan sebagai Kabag­binpam Ropaminal Divpropam Polri. Penggantinya AKBP Nugroho Agus Setiawan yang sebelumnya men­jabat Wadirreskrimsus Polda Ke­pulauan Riau.

Jabatan Kabid Keuangan yang sebelumnya di jabat Kombes Ignasius Jaya Misa, digantikan oleh Kombes Rizki Nugroho yang se­belumnya menjabat Kabid Ke­uangan di Polda Kepulauan Bangka Belitung. Kombes Misa sendiri diangkat dalam jabatan yang sama di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kabid TIK Kombes Gusti Indra Tjahjadi dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Kom Div TIK Polri. Ia digantikan oleh Kombes Pol Hery Marwanto yang sebelumnya menjabat Pengembang Teknologi Informasi Kepolisian Madya TK III Div TIK Polri.

Sementara yang dilantik sebagai Direktur Lalu Lintas Polda Maluku yaitu, AKBP Rusdy Pramana Surya­nagara. Ia sebelumnya menjabat Wadir Lantas Polda Metro Jaya. Rusdy menggantikan Kombes Agus Krisdayanto yang telah memasuki masa pensiun.

Kapolda Maluku Lotharia Latif dalam sambutannya mengatakan, sertijab merupakan kegiatan yang biasa dan rutin digelar dalam pelaksanaan tugas.

“Kegiatan ini biasa kita lakukan dalam pembinaan karir di lingkungan Polri,” katanya.

Kapolda mengatakan rotasi jabatan merupakan suatu tugas dan amanah yang diberikan pimpinan untuk dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

“Sebagai anggota Polri kita semua siap untuk menerima perintah melaksanakan perintah itu dengan sebaik-baiknya dan tentu pada waktunya kita akan menyerahkan tugas tanggung jawab dan jabatan kita kepada orang lain, sesuai de­ngan pembinaan karir di lingkungan Polri,” jelasnya.

Dirinya mengungkapkan, Polda Maluku memiliki karakteristik tersendiri. Terdapat 11 Polres dan secara umum kejahatan kejahatan konvensional masih mendominasi. Olehnya itu, tambah dia, rotasi dan mutasi pejabat utama ini dilakukan untuk mengantisipasi dan mening­katkan pelayanan, perlindungan dan pengayoman terhadap masyarakat. Juga untuk menegakkan hukum.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada pejabat baru yang akan melaksanakan tugas di Polda Maluku ini,” ucapnya.

Mantan Kapolda NTT itu meng­ajak semua personel untuk selalu mensyukuri apa yang diterima atau diberikan amanah dari Kapolri. “Laksanakan amanah dengan sebaik baiknya dengan rasa tanggung jawab,” pintanya

Kapolda juga meminta para peja­bat baru agar dapat segera bera­daptasi dengan lingkungan atau tempat tugas yang baru saat ini.

“Segera memetakan kerawanan yang ada di Maluku dan sesuaikan dengan tupoksi serta kewenang­annya masing-masing. Tentu para pejabat utama ini bukan perwira Polri yang baru dilantik, sudah punya jam terbang yang tinggi, punya asam garam di dalam tugas di lapangan,” ujarnya.

Untuk pejabat lama, Kapolda me­nyampaikan terima kasih atas seluruh dedikasi, loyalitas dan integritas yang telah diberikan selama ini.

“Saya merasakan kerjasama yang begitu baik selama ini, sehingga capaian tugas Polda Maluku selama ini dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan, program presisi Kapolri semua kita laksa­nakan dengan baik dan kita juga termasuk Polda yang saat ini diper­hitungkan, kita diperingkat 9 didalam kegiatan quick wins akhir tahun yang dirilis oleh Mabes Polri. Paling tidak kita masih di 10 besar dan menurut survey kita masih terbaik,” tuturnya.(S-10)