AMBON, Siwlaimanews – Kapolda Maluku, Ir­jen Lotharia Latif mela­kukan mutasi besar be­saran di jajaran Polda Maluku.

Mutasi ini ter­tuang da­lam Surat Telegram Kapolda Maluku  Nomor ST/192/VI/2022 dan ST/193/VI/2022 tanggal 3 Juni 2022 yang ditandata­ngani Karo SDM Polda Maluku, Kombes Den­ny Y Putro.

Tercatat sebanyak 4 Wakapolres dan 6 Ka­polsek yang ber­geser posisi dalam mutasi tersebut.

Menariknya sejumlah polisi wanita dipercayakan untuk memegang jabatan strategis tersebut. Mereka masing ma­sing, Kompol Helda Misse Siwabessy yang dipercaya­kan menduduki jabatan Wa­ka­polres SBB.

Helda yang saat ini menjabat sebagai Kasubbagdumasanwa Itwa­s­da Polda Maluku dipercayakan me­nggantikan Kompol James Sum­bung yang dimutasikan sebagai Kasubbag­yanum SPN Polda Ma­luku.

Baca Juga: Relly Noach Kukuhkan Bunda Literasi Desa Kelurahan

Selain Helda, dua srikandi Polda Maluku lain yakni, AKP Meity Yacobus yang saat ini menjabat Kasat Binmas Polresta Ambon diangkat sebagai, Kapolsek Baguala mengantikan AKP Morlan Hutahean yang dimutasikan menjadi Pejabat Sementara Kabagops Polres Aru.

Selanjutnya Ipda Sofia Christina Ester Alfons yang sebelumnya men­jabat Wakapolsek Baguala diper­cayakan Kapolda untuk memimpin Polsek Leihitu Barat, menggantikan Iptu Jhon Guntur Wenno yang digeser sebagai Pejabat Sementara Kanit 2 Sisidik Subditgakkum Dit­polairud Polda Maluku.

“Kita mengangkat seorang Pol­wan sebagai Wakapolres dan dua orang sebagai Kapolsek, karena ini merupakan wujud profesionalitas polri,” ungkap Kapolda Maluku di Ambon, Minggu (5/6).

Selain sebagai wujud profesio­na­litas polri,  lanjut Kapolda, peng­ang­katan tersebut juga dilakukan untuk mendukung peran Polwan dalam melaksanakan tugas pelaya­nan dan perlindungan kepada masyarakat.

“Pengangkatan tiga Polwan itu juga untuk mendukung peran Pol­wan dalam melaksanakan tugas pelayanan dan perlindungan masya­rakat,” ujarnya.

Tak hanya tiga srikandi Polda Malaku, Kapolda juga melakukan rotasi sejumlah perwira pertama dan menegah seperti, Kompol Hendra YP Haurissa yang saat ini menjabat Wakapolres Kepulauan Tanimbar dimutasikan sebagai Kasubbid­provos Bidpropam Polda Maluku.

Jabatan yang ditinggalkan akan diisi oleh Kompol  Hendrik A Rum­sory yang saat ini menjabat Waka­polres MBD. Sementara posisi Wa­ka­polres Maluku Barat Daya akan dijabat oleh Kompol Jesy Batara yang saat ini Kasubbagrenmin Dit­resnarkoba Polda Maluku.

Selanjutnya, jabatan Wakapolres SBT yang dijabat Kompol La Udin Taher akan dijabat Kompol Muha­mad Musaad, yang saat ini men­jabat sebagai Kabag Ops Polres SBB. Kompol La Udin sendiri dimu­tasikan sebagai PS Kakorsis SPB Polda Maluku.

Untuk jabatan Wakapolres  di dua Polres yang baru dibentuk yakni Polres Malra dan Bursel, Kapolda mempercayakan Kompol  Demianus Ubro sebagai Wakapolres Malra dan Kompol Noovy E A Sapulette se­bagai Wakapolres Bursel.

Untuk posisi Kapolsek KPYS akan diisi Iptu Jounanda Wibowo Kusno yang menjabat Kapolsek Teluk Ambon menggantikan posisi Iptu Bur­hanudin Surya Muhammad, yang dimutasikan Bhayangkara Operasio­nal Penyelia Bidang Dal­pers Brio SDM Polda Maluku (Dalam Rangka Pendidikan STIK-PTIK tahun 2022).

Posisi yang ditinggalkan Iptu Jounanda dijabat oleh Iptu Rizkiari Prabowo yang saat ini menjabat Ka­sat Resnarkoba Polres Pulau Buru.

Selanjutnya, posisi Kapolsek Saparua yang saat ini dijabat Kompol Rony Ferdy akan digantikan AKP Jacob Walalayo  yang menjabat Kasat Binmas Polres SBB.  Kompol Rony sendiri  Dimutasikan sebagai Kabaglog Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease.

Untuk posisi Kapolsek yang saat ini diisi pejabat sementara Iptu Sam Soleh akan diganti oleh AKP La Aru yang menjabat Kasat Samapta Pol­res Maluku Tengah, sedangkan Iptu Sam Soleh diangkat dalam jabatan baru sebagai Paur Subbagbinlatops Bagbinops Ro Ops. (S-10)