Kakanwil Kemenag Ajak ASN Perkaya Moderasi Beragama

AMBON, Siwalimanews – Kakanwil Kemenag Maluku Jamaludin Bugis mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara di lingkup Kemenag untuk memperkaya moderasi beragama di masyarakat.

Kemenag akan terus memberikan dorongan terhadap program pengembangan moderasi beragama di Provinsi Maluku terkhusus di wilayah Kabupaten Maluku Tengah ini.

“Langkah ini dilakukan untuk mempertegas kehadiran dan komitmen pemerintah menciptakan suasana hidup yang rukun, aman dan damai bagi masyarakat di Maluku,” ungkap Jamaludin Bugis dalam sambutannya dalam kegiatan penguatan moderasi beragama kepada para ASN Kemenang yang berlangsung di aula Madrasah Aliyah Desa Tulehu, Kamis (30/7).

Menurutnya, moderasi agama adalah jalan tengah yang mengedapankan nilai keadilan Ttk ada intrik untuk melebihkan atau mengurangi nilai-nilai dari sebuah ajaran.

Sebagai umat beragama, bertugas untuk menyampaikan agama sebagai sebuah ajaran yang mencerahkan pikiran dan tindakan dalam konteks apapun.

“Agama harus dijadikan jalan untuk menemukan masalah kesejahteraan dan ketertindasan, agar konflik kekerasan tidak terus muncul,” tandasnya.

Untuk itu, seluruh elemen masyarakat terutama para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda di wilayah ini, untuk bersama sama dengan TNI dan Polri menyatukaan persepsi dan berperan aktif menebar kedamaian, harmonisasi, kerukunan umat beragama, baik secara interen maupun antar umat beragama.

Ia berharap, melalui silaturrahmi dan momentum seperti ini dapat menghasilkan rumusan pengembangan dalam memperkaya moderasi beragama ditengah-tengah kehidupan masyarakat di Maluku. (Mg-5)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *