Kadinkes: Sembilan Puskesmas Siap Diakreditasi

AMBON, Siwalimanews – Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy menjelaskan, dalam tahun ini, tercatat sembilan puskesmas di Kota Ambon akan melakukan akreditasi.

Kesembilan puskesmas tersebut yakni,  puskesmas Waihaong,  puskesmas Tiahahu, puskesmas Waihoka, Puskesmas Latuhalat, Air Salobar, Kayu Putih, Kilang, Halong dan Puskesmas Air Besar,

“Jadi tahun ini ada sembilan puskesmas yang akan proses akreditasi.Jadwalnya itu, yang akreditasi duluan dalam bulan September ini. Puskesmas Waihaong, puskesmas Tiahahu, dengan puskesmas Waihoka, sisanya akan melakukan akreditasi di bulan Oktober,”kata Pelupessy kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (10/9).

Menurutnya,  proses akreditasi dilakukan setiap tiga tahun sekali, baik belum pernah akreditasi dan yang akreditasi ulang.

Untuk diketahui,  dari 21 puskesmas di Kota Ambon hanya tersisa enam yang belum melakukan akreditasi dan akan melakukan akreditasi di tahun ini.

“Ditahun ini seluruh puskesmas di Ambon sudah terakreditasi,  walaupun begitu ada ada tiga yang akan siap akreditasi ulang,”ujarnya.

Ketika ditanya kesiapan puskesmas, Pelupessy menjelaskan, telah mencapai 80 hingga 90 presen.

Ia berharap, dengan adanya akreditasi maka pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dapat ditingkatkan.

“Jadi satu penilaian yang harus diberikan adalah terkait dengan kepuasan masyarakat.  Makanya dari itu,  saya sangat berharap untuk setiap puskesmas yang sudah akreditasi harus bisa tingkatkan pelayanan mereka kepada masyarakat,”himbaunya. (S-40)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *