AMBON, Siwlaimanews – Direncanakan pada bulan Juli nanti, Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat (KODRAT) Bambang Soesatyo, yang juga adalah Ketua MPR RI akan melantik Pengurus KODRAT Maluku masa jabatan 2022-2026.

“Kita berencana itu pelantikan Pengprov KODRAT Maluku periode 2022-2026 akan dilantik pada bulan Juli oleh Ketua Umum bapak H Bambang Soesatyo. Untuk itu kita masih akan dikordinasikan dengan beliau untuk kesediaan waktunya dapat berkunjung ke Maluku,” ungkap Ketua Harian KODRAT Maluku, Dominggus Jotlely kepada Siwalimanews di Ambon, Selasa (21/6)

Jotlely mengaku, KODRAT di Maluku kurang lebih 5 tahun belakangan ini mengalami kevakuman, untuk itu, lewat momentum pelantikan pengurus nanti, akan dijadikan sebagai kebangkitan untuk kemajuan olahraga bela diri Tarung Derajat di Provinsi Maluku.

“Banyak atlit yang berpotensi pada olahraga ini di Maluku yang juga sudah tersebar di kabupaten/kota, seperti KKT, MBD, SBB dan tentunya di Kota Ambon. Bahkan, Tarung Derajat sudah pernah mengikuti event nasional seperti kejurnas sampai pada Pra PON,” ucapnya.

Untuk di Kota Ambon kata Jotlely, satuan latihan (Satlat) berada di lapangan Polisi Militer (POM) Batu Gajah, Lapangan Koramil Bentas, SMPN 7 Ambon dan Lapangan Merdeka Ambon. Namun dengan adanya kepengurusan baru yang dilantik bulan Juli nanti, akan dibuka satlat-satlat baru di Kota Ambon dan di kabupaten/kota lainnya.

Baca Juga: Diduga Merusak Hutan Bakau, DPRD Janji Panggil Pemilik Tambak

“Pengurus Provinsi (Pengprov) KODRAT Maluku 2022 s/d 2026 yang akan dilantik antara lain, Ketua Dewan Pembina dijabat oleh Jaqueline M. Sahetapy, Ketua Umum Aurega P. Latuconsina, Ketua Harian Dominggus B. Jotlely dan Sekretaris Umum Novel J. Haulussy,” urai Jotlely.

Sementara itu, Ketua Dewan Pembina KODRAT Maluku Jaqueline M Sahetapy juga mengaku, siap untuk memajukan olahraga Tarung Derajat di Provinsi Maluku, bahkan semangt untuk memajukan olaharaga ini, akan terus digaungkan.

“Untuk memulai 1000 langkah, harus diawali dengan satu langkah maju. Pelantikan pengurus provinsi ini sebagai satu langkah maju untuk memajukan olahraga Tarung Derajat di Provinsi Maluku,” ujar Sahetapy.

Sedangkan Ketua Umum Pengurus KODRAT Maluku Aurega P Latuconsina juga menambahkan, agenda besar Pengprov Kodrat Maluku adalah pelantikan pengurus dan konsolidasi organisasi ke seluruh kabupaten/kota demi memajukan dan membesarkan olahraga Tarung Derajat di bumi raja-raja ini.

“Dengan dukungan KONI Maluku, Pengurus Besar KODRAT dan Perguruan Pusat Tarung Derajat di Bandung, kami siap untuk kemajuan olahraga di Provinsi Maluku,” tandas Latuconsina.

Untuk diketahui, olahraga Tarung Derajat adalah seni bela diri berasal dari Indonesia yang diciptakan dan dirintis oleh Achmad Dradjat asal Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Ia mengembangkan teknik melalui pengalamannya bertarung di jalanan pada tahun 1960-an di Bandung.

Di Kota Ambon, olahraga ini dirintis di halaman Rumah Sakit Tentara (RST) Ambon oleh seorang perwira TNI pada tahun 2005, yakni I Gusti Ngurah Ketut Parwata yang juga masih aktif melatih tarung derjat hingga sekarang, bahkan olahraga ini kini terdaftar resmi di KONI Maluku maupun KONI Pusat dan dipertandingkan hingga level Kejurnas dan PON. (S-06)