BULA, Siwalimanews – Jembatan Wai Salas, yang terletak di Desa Salas, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur, ambruk. Akibatnya, arus lalulintas dari dan ke kecamatan tersebut terputus.

Informasi yang berhsil dihimpun Siwalimanews dari masyarakat sekitar menyebutkan, kejadian ambruknya jembatan ini terjadi pada Kamis (9/7) malam, saat dilewati truk yang bermuatan kayu.

“Kejadiannya terjadi pada kamis malam, yang katong dengar itu seperti bunyi gemuruh ternyata saat dicek, jembatan patah sehingga katong samua lari ke arah jembatan untuk melihatnya,” ungkap Ahmad, warga Desa Salas, kepada Siwalimanews, Jumat (30/7).

Jembatan tersebut ambruk kemungkinan lantaran tak kuat lagi menahan beban, sebab bagian tengah jebatan itu patah. Beruntung pengemudi truk yang terperosok itu selamat.

“Mobil truk ini muat kayu dan hendak menuju kota Bula. Sopirnya selamat. Tapi akses jalan ke Kota Bula dan beberapa kecematan terputus,” tandasnya.

Baca Juga: Undang Mangopal Resmi Jabat Kajati Maluku

Sejumlah pengendara juga mengaku perjalanan mereka menuju ke Kota Bula jadi terhambat akibat kejadian ini.

Mereka berharap pemkab dan DPRD SBT dapat mencari solusi untuk mengatasi ambruknya jembatan Wai Salas ini, minimal membuat jembatan atau jalan alternatif untuk dilewati kendaraan.

“Ini jalan satu-satunya yang menghubungkan beberapa kecamatan ke Kota Bula, sehingga kami minta Pemkab SBT secepatnya cari solusi,” harap Amir salah satu pengendara sepeda motor yang ditemui Siwalimanews.

Masyarakat setempat saat ini mulai membantu para penendara yang ingin menuju Kota Bula dengan membuat jalan darurat, namun hanya untuk dilewati sepeda motor. (S-50)