NAMLEA, Siwalimanews – Koramil 1506-04/Waeapo melalui Babinsa Debowae Sertu Suparmin bergotong royong bersama masyarakat membangun jembatan penghubung Desa Debowae dengan Dusun Sidorejo (SP2).

Pasiter Kodim 1506/Namlea, Kapten Inf M. Haris Tumenggung menjelaskan, kegiatan yang berlangsung karena Jumat itu (27/08/221)  sebagai  wujud kemanunggalan TNI AD bersama rakyat sekaligus terus memelihara budaya gotong royong di masyarakat.

“Jembatan yang baru dibangun utama ini juga untuk mengantisipasi mobilitas warga yang terganggu akibat jembatan yang lama tidak bisa digunakan lagi karena rusak berat,” tutur Tumenggung.

Dijelaskan upaya membangun kerja sama antara masyarakat dengan TNI telah dilaksanakan oleh Babinsa Debowae, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, menurutnya ikut turun langsung membantu warga membangun jembatan. Sementara itu, Babinsa Debowae, Sertu Suparmin mengatakan, masyarakat  banyak berpartisipasi memberikan bantuan berupa tenaga untuk membangun jembatan.

“Semoga masyarakat yang ikut membantu dibalas oleh Tuhan dengan pahala yang berlipat ganda,” ucap Suparmin.

Baca Juga: Bupati Resmikan Alfamidi di Kota Namlea

Meski jembatan terbuat dari bahan kayu namun memiliki peran penting bagi masyarakat.

Babinsa menyampaikan pentingnya rasa gotong-royong dan rasa ikhlas dalam membangun Desa serta perhatikan faktor keamanan dalam melaksanakan kegiatan.

Sedangkan Pasiter Kodim 1506/Namlea, Kapten Inf M. Haris Tumenggung menambahkan bahwa, kerja bakti yang laksa­nakan adalah sebagai upaya membangun kebersamaan antara Babinsa dengan masyarakat di desa binaannya.

“Kegiatan seperti ini juga dalam rangka menumbuh kembangkan budaya gotong-royong dan membantu kesulitan masyarakat, sekaligus langkah pembinaan teritorial dan membangun wilayah yang kondusif, kata Tumenggung.

Ditempat terpisah, Serda E. Tamher Babinsa Gogorea Koramil 1506-04/Namlea melaksanakan pendampingan dan monitoring kegiatan pemba­gian BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada 74 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) yang bertem­-pat di Balai Desa Gogorea, Kecamatan Waeapo, Kabupaten Buru, Kamis lalu (26/8)

Kepala Desa Gogorea  Rusly Belen, Ketua BPD Nasir Lesbata, Kaur Keuangan Desa Gogorea, Rahman Nacikit dan Babinsa Go­-go­rea, Serda E. Tamher mem­ba­-gikan BLT kepada Warga yang ku-rang mampu, dampak dari Wa­bah Covid-19 dengan harapan agar BLT di gunakan secara tepat guna.

Rusly Belen mengatakan,  BLT bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu di tengah wabah Covid-19 yang melanda Indonesia saat ini.

Diharapkan, dengan adanya bantuan tersebut dapat membantu masyarakat setempat.

Sedangkan Babinsa Serda Tamher disela-sela penyaluran BLT mengharapkan,  agar  BLT ini digunakan secara tepat guna oleh penerima.

Dipesankan pula, agar warga selalu tingkatkan kebersamaan dan kekeluargaan antara sesama di Desa Gogorea, serta peduli kepada kebersihan lingkungan baik lingkungan keluarga maupun lingkungan secara umum dan agar selalu mematuhi Protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah terkait pandemi Covid-19. (S-31)