Ambon, Siwalimanews – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada), Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Ambon, mengejar perekaman elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) untuk seluruh warga kota yang belum memiliki.

“Artinya gini kita lihat. Ini khusus sekarang kita perekaman KTP dulu. Karena sudah mau dekat pemilu jadi kita harus kejar untuk masyarakat semua memiliki KTP pada saat pemilu,” beber Plt Kadisdukcapil Kota Ambon, Sherly Haurissa, kepada wartawan, di halaman parkiran Balai Kota Ambon, Senin (1/11).

Katanya, sementara ini pihaknya mengejar jumlah desa, kelurahan atau negeri yang jumlah warganya banyak belum melakukan perekaman. “Kita kejar masyarakat yang jumlah belum perekaman yang paling banyak. Termasuk banyak kemari itu Hatiwe Besar cukup banyak, Baguala cukup banyak. Yang masih banyak Batu Merah, Silale, Waihaong, tambah Nusaniwe. Itu yang masih banyak sekali, tambah Benteng juga,” bebernya.

Haurissa mengungkapkan, perekaman e-KTP selalu dilaksankan oleh pihaknya. Akuinya, proses itu dilakukan tiap hari saat jam kerja, dengan sistem penjemputan bola pada lokasi desa, kelurahan dan negeri yang banyak masyarakatnya belum melakukan perekaman.

“Setelah perekaman kita akan membawa e-KTP mereka ke desa, kelurahan dan negeri masing-masing lalu kemudian dapat diambil langsung oleh mereka tanpa perlu mengantri di dinas,” ungkapnya.

Baca Juga: Tupenalay Kembali Pimpin Negeri Halong

Dia mebeberkan, sudah ada 11 desa, kelurahan dan negeri yang telah dijemput bola terkait dengan perekaman e-KTP ini.

“Mulai dari Laha, Tawiri,         Hatiwe Besar, Poka, Rumah Tiga, Hukurila, Kemarin di Passo, dua tempatnya saya lupa. Tapi kita sudah mulai di 11 lokasi,” tambahnya.

Setelah ini, lanjut Haurissa, pihaknya akan melalukan penjemputan bola di kecamatan Nusaniwe, pada dua lokasi, yakni Waihaong dan Silale. (S-52)