AMBON, Siwalimanews – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta Polda jajaran, termasuk Polda Maluku untuk mengantisipasi sejak dini, potensi gangguan kamtibmas menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Arahan Kapolri ini disampaikan dalam rapat analisa dan evaluasi (Anev) kamtibmas bersama melalui video conference yang diikuti Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri dari ruang rapat utama Mapolda Maluku.

Kegiatan terpusat di Mabes Polri itu, juga diikuti oleh Polres jajaran di seluruh Indonesia, termasuk di Maluku.

Pada kesempatan itu Kapolri minta seluruh jajaran Polri untuk melakukan langkah-langkah antisipasi awal, menjelang pengamanan Nataru, dengan mendirikan pos PPKM level III di kawasan tertentu.

Menyoal mengenai terjadinya gangguan kamtibmas dibeberapa daerah di tanah air, Kapolri minta kepada para kapolda agar selalu memonitor semua aksi tersebut.

Baca Juga: Lantik 26 Kades, Ini Pesan Bupati

“Seluruh satuan jajaran agar dapat memonitor semua event atau kegiatan masyarakat, tujuannya untuk menghindari terjadinya gangguan kamtibmas dan menekan lajunya penularan Covid-19 di daerah masing masing,” pintanya.

Selain antisipasi kamtibmas sebelum Nataru, mantan Kabareskrim Polri itu mengingatkan jajarannya untuk mempersiapkan lomba orasi menjelang peringatan hari buruh.

Hal ini dimaksudkan agar seluruh masyarakat Indonesia dapat memahami bahwa Polri saat ini tidak anti kritik.

Orang nomor 1 di Polri ini, mengharapakan adanya partisipasi dari semua elemen masyarakat dalam perhelatan event tersebut. (S-45)