AMBON, Siwalimanews – Perayaan Natal 25 Desember 2020, sudah semakin dekat. Guna menghindari kerumunan yang bisa terjadi ketika perayaan Natal, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy menghimbau warga Kota Ambon taat protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

Walikota menuturkan, penerapan Prokes tentunya perlu dilaksanakan untuk meminimalisir kemungkinan penimbunan klaster baru akibat perayaan hari besar umat Kristiani tersebut.

“Dalam rangka persiapan jelang Natal, kita harus bisa mempersiapkan diri sebaik-baiknya, terutama dalam masa Pandemi Covid-19 ini,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (8/12).

Idealnya, kata Walikota satu-satunya cara untuk meminimalisir penularan Covid-19 adalah,  taat dan patuh, terhadap prokes ketika sedang beraktivitas di luar rumah.

“Pemerintah Kota (Pemkot), tidak pernah bosan untuk terus menghimbau masyarakat agar tetap taat protokol kesehatan. Nah, mengingat sebentar lagi mau Natal, maka selaku walikota, saya hanya ingin mengingatkan agar umat Kristiani bisa selalu disiplin, demi kesehatan dan kebaikan bersama,”pungkasnya.

Baca Juga: Operasi Yustisi Wujud Percepat Penanganan Covid

Ia meminta pengertian warga Kota Ambon, agar dalam situasi pandemi Covid-19, seluruh umat Kristen mampu mengendalikan emosi, dan arogan dalam menghadapi hari-hari besar Natal 25 Desember yang tinggal beberapa hari lagi.

“Didalam situasi seperti ini, kita semua harus bisa tingkatkan lagi rasa kepedulian antar sesama, dan saling mengingatkan tentang kebaikan,” tandasnya.

Dijelaskan, sikap dan perilaku seseorang dapat berimplikasi pada lingkungan tempat tinggalnya. Olehnya walikota meminta masyarakat mengendalikan diri dalam merayakan hari besar tersebut.

“Karena kalau kita bisa disiplin dan teratur dalam kehidupan sehari-hari, maka hal tersebut dapat berdampak bagi lingkungan sekitar. Dengan begitu, maka kedepan semua pasti baik-baik saja,” harap Walikota. (Cr-6)