DOBO, Siwalimanews – Harga Cabe terus melonjak menjelang perayaan lebaran Idul Fitri 1442 H, hingga mencapai Rp 130 ribu/kg.

Kadisperindag Aru ALO Tabela mengaku, untuk jenis komoditi yang mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan di Kota Dobo yakni, Cabe kemudian diikuti bawang merah, bawang putih dan telur.

“Berdasarkan hasil operasi petugas di lapangan, memang ada beberapa jenis barang kebutuhan pokok pada tiga pekan ini harganya terus naik, diantaranya cabe rawit, bawang merah dan bawang putih,” ungkap Tabela kepada Siwalimanewsdi ruang kerjannya, Rabu (28/4).

Menurutnya, salah satu faktor yang sangat mempengaruhi kenaikan harga barang tersebut yakni, ketika kapal-kapal perusahaan perikanan bersandar di pelabuhan.

Masuknya kapal-kapal ini, membuat ketiga komoditi tersebut tetap harganya naik, disebabkan pihak kapal berbelanja dalam jumlah besar sebagai persediaan kebutuhan mereka saat berlayar mencari ikan.

Baca Juga: Noach Pastikan Rombak Birokrasi

“Selain itu, ada beberapa komoditi lainnya juga harganya mengalami kenaikan namun, telah kembali normal seperti, telur, minyak goreng, kacang tanah dan kacang hijau,” ucapnya.

Secara umum kata Tabela, stok barang kebutuhan pokok jelang hingga perayaan Lebaran nanti tidak ada kendala, karena semua stok barang cukup tersedia.

Hanya tiga jenis komoditi tersebut yang stoknya menipis sehingga harganya terus merangkak naik hingga kini. Namun, ia pastikan harganya akan kembali normal dalam beberapa hari ke depan dengan sendirinya. (S-25)