AMBON, Siwalimanews – Untuk memastikan pekerjaan pembongkaran Pasar Apung 1, 2 dan 3 di kawasan Mardika selesai, Walikota Ambon, Richard Louhenapessy Senin (26/10) melakukan peninjauan.

Hal ini penting menjelang kunjungan kerja Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga ke Kota Ambon. Dari hasil pantauan Siwalima, proses pembongkaran yang telah dilaksanakan sejak Sabtu, 24 Oktober, sudah mencapai hampir 75 persen dikarenakan masih ada beberapa bagunan yang berada pada pasar apung tiga yang belum dibongkar.

Walikota Ambon, dalam melaksanakan peninjauan tersebut didampingi Sekretaris  Kota Ambon A.G Latuheru, dan beberapa OPD terkait yakni, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Ambon Josias Loppies, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Ambon, Pieter Leuwol, Plt Kepala Dinas Perhubu­ngan Robby Sapulette, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan persampahan, Lucia Izaac.

“Intinya kita lakukan penertiban pasar dulu untuk bangun pasar yang baru, karena tidak mungkin kita melakukan penataan pasar dalam kondisi seperti ini,” ungkap Louhennapessy kepada wartawan disela-sela peninjauan.

Dirinya meminta dukungan penuh kepada para pedagang Pasar Mardika guna mendukung proses pembongkaran yang mana merupakan rangkaian menuju proses revitalisasi pasar, untuk membangun pasar baru di Mardika.

Baca Juga: Jelang HUT, Bank Maluku Malut Gelar Bakti Sosial

Selain itu, dari hasil tinjauan terhutung Sabtu pekan lalu, sete-lah pembongkaran dilakukan para pedagang mulai kembali mela-kukan aksi menjajakan jualannya di tengah jalan seperti yang sempat dilakukan pada beberapa pekan sebelumnya. (Mg-6)