AMBON, Siwalimanews – Jelang kedatangan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian pada 30 Mei mendatang, tim advance tiba di kabupaten Maluku Barat Daya.

Tim advance dipimpin oleh Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP, Gutmen Nainggolan bersama dengan personil dari Kemenkopolhukam dan personel dari Kemendagri tiba di Bandara Jos Imsula Orno kemarin.

Sesuai rencana, kunker Men­kopolhukam dan Mendagri akan berlangsung selama dua hari di Kota Tiakur dalam rangka launching Gerakan Pembangunan Terpadu Perbatasan sekaligus peresmian meresmikan 4 Blok Ruko.

Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan BNPP Gutmen Nainggolan pada kesem­patan itu mengaku pembangunan di MBD sungguh luar biasa bagusnya dan diluar ekspektasi BNPP.

“Kabupaten MBD ini baru berusia belasan tahun, tetapi ada bangunan yang luar biasa megah, kantor pemerintahan, perumahan ASN, ruko dan pasar yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Baca Juga: Cuaca Buruk, Tiga Kapal Pelni tak Berlayar

Lebih lanjut dikatakan, sesuai rencana Pemkab MBD, maka akan juga dilakukan peresmian 4 Blok Ruko oleh Menkopolhukam, Mah­fud MD dan Mendagri, Tito Ka­rnavian.

“Saya yakin pa Menko dan pa Mendagri akan sangat senang melihat pembangunan yang sangat luar biasa, karena selama kegiatan Gerbangdutas, baru kali ini ada peresmian ruko sebanyak 4 blok,” ucapnya.

Untuk itu ia berharap semua proses persiapan lawatan Menko­polhukam dan Mendagri akan berjalan dengan baik dan tim finalisasi dapat memutuskan spot-spot yang nantinya akan dikun­jungi.

Sementara itu, Bupati Benyamin Thomas Noach menyampaikan pemerintah dan masyarakat me­nyampaikan terima kasih atas rencana kunjungan Menkopol­hukam dan Mendagri di MBD.

“Kami berterima kasih, karena ada tim yang sudah ke Pulau Mea­timarang. Kalau dalam perjalanan tadi, diperhadapkan dengan ge­lombang 2-3 meter, itu sudah se­tengah dari kesulitan kami. Karena wilayah kita ini, apabila masuk cuaca ekstrem, maka gelombang bisa mencapai 5 meter bahkan lebih,” terang bupati

Bupati berharap, semua persiapan dan koordinasi akan terus dibangun sehingga pelaksanaan kunjungan para menteri dalam rangka launching Gerbangdutas dapat berjalan dengan baik.

Untuk diketahui rombongan yang dibagi menjadi dua tim tersebut telah mengunjungi Pulau Meatimarang, Pantai Syota, Lapangan Kalwedo, Kodim 1511 Pulau Moa, Ruko Pasar Tiakur, Lokasi pembangunan Pasar Ikan Higenis dan juga akan ke Kecamatan Letti.

Hadir pada acara itu Dandim 1511 P Moa, Letkol Inf. Galih Perkasa, Kapolres AKBP. Pulung Wietono, Penjabat Sekda Obed HY Kuara bersama para asisten dan pimpinan OPD. (S-09)