PIRU, Siwalimanews – Menjelang Hari Raya Idul Adha 1441 H, Pemkab Seram Bagian Barat menyumbangkan 20 ekor sapi ke sejumlah pengurus masjid di kabupaten itu.

“20 ekor sapi yang kami serahkan ke pengurus masjid ini adalah bentuk kepedulian antar sesama, begitu juga menandakan ketaatan atas perintah Allah SWT,” ungkap Bupati SBB Moh Yasin Payapo dalam arahan singkatnya saat menyerahkan hewan kurban ke pengurus Masjid Al-Muhajirin Dusun Waimeteng Pantai, Desa Piru, Kecamatan Seram Barat, Selasa (28/7).

Dikatakan, hewan qurban berupa sapi ini diserahkan di 8 kecamatan yang terbagi di beberapa desa dan dusun, diantaranya di Kecamatan Seram Barat, Huamual, Kairatu, Kairatu Barat, Amalatu, Manipa, Huamual Belakang, dan Taniwel.

Bupati menjelaskan, Idul Adha merupakan momentum yang baik untuk meneladani keikhlasan Nabi Ibrahim mengorbankan anaknya sendiri, Nabi Ismail. Dimana hal itu mengajarkan nilai-nilai pengorbanan, ketulusan, dan keikhlasan.

“Maka dengan itu, apa yang sudah kita lakukan ini semata-mata hanya bertujuan untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita berharap, apa yang sudah kita berikan ini nantinya juga dapat bermanfaat bagi sesama,” ujar bupati.

Baca Juga: Tim Patroli Zona Pantau Penggunaan Masker di Angkot

Menurutnya, hikmah Idul Adha yang didalamnya terdapat ibadah Idul Adha mengandung nilai-nilai kemanusiaan, nilai kepedulian dan solidaritas yang patut diteladani. Untuk itu, bantuan yang diserahkan ini kiranya dapat bermanfat bagi masyarakat terutama kaum duafa, janda, duda dan fakir miskin.

Dengan jumlah bantuan sebanyak 20 ekor sapi di tahun ini, maka di tahun mendatang akan diupayakan lebih banyak lagi, sehingga bisa memenuhi keinginan masyarakat di daerah ini.

“Lewat pembagian qurban ini juga silaturrahmi langsung dengan masyarakat. Untuk itu  kepada masyarakat agar tidak segan untuk bersilaturahmi dengan saya dan juga SKPD, karena dengan pembagian hewan qurban ini mengingat kesempatan saya untuk bertatap muka langsung dengan masyarakat,’’ ucapnya.(S-48)