AMBON, Siwalimanews – Menjelang HUT TNI ke-77 pada 5 Oktober mendatang, maka Kodam XVI Pattimura bersama Lantamal IX Ambon dan Lanud Pattimura meggelar aksi donor darah yang dipusatkan di salah satu mall di Kota Ambon, Jumat (23/9).

Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A Setyawibawa didampingi Ketua Persit KCK Daerah XVI Pattimura, Ny Indah Ruruh A. Setyawibawa menghadiri acara donor darah tersebut, bahkan pangdam turut serta mendonorkan darahnya, diawali dengan pendaftaran, tensi dan pemeriksaan.

Pelaksanaan donor darah turut berkolaborasi dengan PMI Ambon dan puskesmas serta dihadiri oleh para prajurit TNI dan Polri.

Pangdam pada kesempatan itu mengatakan, aksi donor darah ini dilaksanakan selain sebagai rangkaian kegiatan HUT TNI, juga sebagai wujud kepedulian terhadap kemanusiaan.

“Hari ini rekan- rekan yang terlibat donor darah berasal dari Kodam, Lantamal, Lanud juga Polda Maluku. Untuk targetnya, sebetulnya bisa sangat banyak, tetapi karena kemampuan penampungan kantong darah PMI terbatas, maka hari ini jumlah kantong darah yang ditargetkan sebanyak 250 kantong,” jelas Pangdam.

Baca Juga: Ruhulessin: Maluku Sudah Matang Berdemokrasi

Mantan Kabinda Aceh ini juga mengaku, banyak kegiatan lainnya yang nanti akan diselenggarakan, seperti pembersihan pantai, Maluku Fashion Week, Pameran Alutsista, jalan santai hingga nanti puncaknya perayaan HUT ke- 77 TNI akan dipusatkan di Lantamal IX Ambon.

“Kepada masyarakat silahkan meramaikan dan turut berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan tersebut. Khususnya untuk Maluku Fashion Week tanggal 25 nanti, masyarakat tidak hanya sebangai penonton saja, tetapi juga sebagai peserta,” ujar pangdam.

Serangkaian kegiatan menuju HUT TNI ini digelar kata pangdam, dengan harapan masyarakat lebih dekat dan familiar dengan TNI yang merupakan bagian dari masyarakat, sesuai dengan tema HUT tahun ini yaitu TNI Adalah Kita.

“Dengan berlangsungnya kegiatan-kegiatan tersebut, juga turut membangkitkan perekonomian masyarakat, seperti UMKM,” ucap pangdam.

Donor darah ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat, diantaranya Kasdam XVI Pattimura Brigjen Asep Abdurachman, Kapoksahli Pangdam XVI Pattimura Brigjen Syaepul Mukti Ginanjar, para asisten Kasdam XVI Pattimura, LO AU ,para pamen ahli Pangdam XVI Pattimura dan anggota Persit KCK. (S-25)