AMBON, Siwalimanews – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melaksanakan assesmen lapangan terhadap program studi Pendidikan Seni Musik pada Fakultas Seni Keagamaan Kristen Intitut Agama Kristen Negeri Ambon.

Kegiatan yang akan berlangsung 4-5 Desember secara virtual ini dihadiri oleh dua perwakilan BAN-PT masing-masing Yudi Sukmayadi, (UPI) dan I Made Suardana, (STAKN Toraja) .

Rektor IAKN Ambon Agusthina Ch Kakiay  dalam arahannya menyampaikan rasa syukurnya kepada Tuhan, karena akreditasi Prodi PSM yang dimulai dari assesmen kecukupan dan saat ini tiba pada assesmen lapangan.

“Harapan saya, akreditasi ini akan dinilai secara obkektif oleh para asesor dan untuk semua data yang telah dipersiapkan dapat dipertanggungjawabkan dan diberikan dengan baik, sebagai pembuktian yang telah dimasukan kedalam borang,” ujarnya.

Ketua Prodi Pendidikan Seni Musik Jeditia Taliak mengaku, optimis untuk akreditasi ini, apalagi akreditasi Prodi PSM adalah yang pertama kali dilakukan semenjak berdirinya prodi ini.

Baca Juga: Orang Tua Mulai Jenuh Dampingi Anak Belajar

“Hari ini adalah final dari seluruh persiapan yang telah dilakukan selama ini, dan karena ini adalah akreditasi yang pertama,” ungkapnya

Ia berharap, Prodi PSM dapat menjadi prodi yang maju bagi pengembangan dan penyerapan lulusan di masyarakat kedepannya.

Sementara itu, Dekan Fakultas Seni Keagamaan Kristen Branckly Egbert Picanussa, mengatakan, persiapan Prodi PSM untuk proses akreditasi ini sangat mendapat dukungan penuh,  baik dari  civitas Fakultas Seni Keagamaan Kristen dan juga institusi IAKN Ambon.

“Harapan kami,  proses akreditasi yang akan berlangsung dua  hari ini berjalan dengan lancar dan hasil yang maksimal menjadi harapan,” ujarnya.

Menurutnya, beberapa langkah terobosan yang akan dilakukan setelah mendapatkan hasil akreditasi ini adalah, membudayakan budaya mutu untuk tetap menjaga dan mengembangkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa, studi lanjut bagi para dosen,  penambahan sarana dan prasarana penunjang, pemutakhiran kurikulum agar tidak ketinggalan dalam perkembangan ilmu.

Selain itu, penelitian dosen dan mahasiswa, tetap melaksanakan PKM dan yang tak kalah penting adalah membangun dan mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak,  baik dalam dan luar negeri.

Ketua Lembaga Penjaminan Mutu IAKN Ambon Herly J Lesilolo menambahkan, Prodi PSM adalah akreditasi yang pertama, sehingga diharapkan akreditasi ini akan berjalan dengan baik dan setiap standar yang telah terisi pada setiap borang .

“Yang paling penting soal standar yang harus dicapai oleh para dosen dengan kegiatan tri dharma perguruan tinggi, terujinya kualitas dosen dengan hasil-hasil publikasi jurnal terakreditasi nasional, internasional, publikasi scopus, sinta, semuanya itu menjadi bagian dari penetapan mutu bagi prodi PSM. Semoga Prodi PSM akan menerima hasil yang terbaik,” tutupnya. (Cr-5)