AMBON, Siwalimanews – Pjs Bupati MBD, Melky Lohy pada acara peringatan Hari Pahlawan 10 November mengajak seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten MBD untuk menjadikan semangat kepahlawanan sebagai motor penggerak dalam mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini.

“Perjuangan para pahlawan kiranya dapat menginspirasi dan memotivasi untuk meneruskan perjuangan. Untuk melawan kemiskinan, bencana alam, narkoba paham-paham radikal dan termasuk berjuang melawan pandemik Covid-19 yang saat ini melanda dunia,” jelas Menteri Sosial Republik Indonesia (RI) Juliari P. Batubara dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Drs. Melky Lohy, MT di Lapangan Upacara Kantor Bupati MBD belum lama ini.

Hari pahlawan bukan sekedar diingat tetapi dikenang sepanjang masa. Sesuai dengan tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”.

Terpenting adalah semangat kepahlawanan sebagai motor penggerak dalam mewujudkan cita-cita pendiri negeri ini.

Menurutnya, dulu perjuangan itu dilakukan dengan mengangkat senjata maka sekarang berjuangan dengan berbagai persoalan bangsa. Kiranya dengan pembatasan di era pandemik Covid-19 ini, tidak menghilangkan makna. Bahkan memberikan energi tambahan bagi kesadaran segenap elemen bangsa, untuk terus mengutamakan persatuan dan kesatuan.

Baca Juga: Ribuan KPM Terima Bansos Beras

Kata Menteri, nilai-nilai kepahlawanan seperti percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa, rela berkorban pantang menyerah, suka membantu dan bergotongroyong. Perlu untuk terus dirawat dan dipupuk agar dapat tumbuh bersemi di dalam hati sanubari setiap hati rakyat Indonesia. Ketika nilai semangat kepahlawanan terpatri tentu dapat menyelesaikan berbagai masalah bangsa.

Ditambahkan, marilah tunjukan kontribusi kepada bangsa dan Negara dengan menjadi pahlawan masa kini. Memiliki empati untuk menolong sesama dan saling menghargai. Peringatan hari pahlawan juga merupakan penghargaan atas jasa para pahlawan. Sebagai­mana ungkapan Ir. Soekarno

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya,” tegasnya. (S-19)