SAUMLAKI, Siwalimanews – Itwasda Polda Maluku akhirnya menggelar Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Polda Maluku Tahap I  Tahun Anggaran 2023 pada Kepolisian Resor (Polres) Kepu­lauan Tanimbar, di Ruang Rapat (RUPATAMA) Polres Kepulauan Tanimbar, Senin (13/3).

Aspek Perencanaan dan Pengor­ganisasian Pada Polres Kepulauan Tanimbar, dipimpin langsung   Auditor Pol Madya TK III Itwasda Maluku, Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim, didampingi oleh IRBID II Itwasda Maluku, AKBP Denny Nanlohy, dan Kapolres Kepulauan Tanimbar, AKBP Umar Wijaya.

Kapolres Kepulauan Tanimbar, AKBP Umar Wijaya dalam sambut­annya berharap, dengan adanya Tim Audit ini, hal-hal yang perlu untuk didiskusikan agar segera didiskus­ikan, mengingat kegiatan ini bertujuan untuk memberikan arahan dan petunjuk bagi seluruh  personel Polres Kepulauan Tanimbar dalam pelaksanaan tugas kedepannya.

Kapolres juga imbau jika mene­mukan kendala agar segera meminta petunjuk dari Tim Audit.

Kapolres pada kesempatan itu pula mengharapkan berbagai ma­sukan positif, sehingga dapat menjadi pedoman yang baku dan bermanfaat bagi Kesatuan Polres Kepuluan Tanimbar dalam membe­rikan pengabdian dan pelayanan Kepolisian bagi masyarakat.

Baca Juga: Kejari Minimalisir Penyimpangan DD

Dikatakan, kegiatan audit juga merupakan upaya strategis sebagai salah satu fungsi kontrol dalam upaya memperbaiki kinerja orga­nisasi agar lebih peka terhadap dinamika perkembangan lingkungan kerja untuk menemukan, mengenali dan mengidentifikasi secara dini kemungkinan penyimpangan serta meminimalisir terjadinya tindakan yang dapat merugikan keuangan negara khususnya di lingkungan Polda Maluku.

Sementara itu, Auditor Pol. Madya TK.III, Kombes Pol Driyano Andri Ibrahim dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini yang pada awalnya dikenal dengan Wasrik yang lebih menekankan pada Kekurangan ataupun temuan dari Satuan Kepolisian namun Wasrik kini dirubah menjadi Audit yang lebih menekankan pada arahan dan petunjuk bagi satuan jajaran.

Audit kinerja merupakan salah satu fungsi manajemen kepolisian yang harus dilaksanakan untuk mengetahui sejauhmana penyelenggaraan program dan anggaran dapat dilaksa­nakan secara efektif dan efisien.

Momen kegiatan ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sarana evaluasi dan konsultasi terhadap permasalahan yang dihadapi, dengan memberikan informasi-informasi berdarsarkan fakta dan data sesuai dengan kenyataan di lapangan sehingga diharapkan adanya kerja sama dan keterbukaan demi terwu­judnya asas kemitraan, komunikasi dan koordinasi antara tim audit.

Adapun Tim Pelaksana Audit Kinerja Itwasda Polda Maluku pada Polres Kepulauan Tanimbar antara lain, Kombes Pol Dryano Andri Iibrahim, jabatan Auditor Pol. Madya TK.III (selaku Pengawas Tim); AKBP Denny Nanlohy, jabatan Irbid 2 (selaku Ketua Tim merangkap Parik Logistik), Kompol Arie E. Undap jabatan Parik 3 Itbid 2 (Anggota Riksa Bid. Opsnal), Kompol W.B. Minanlarat, jabatan Auditor 2 Itbid 2 ( Anggota Riksa Bid. Garkeu);  Iptu Pillianta J. Siahaya jabatan Parik 3 Itbid 1 (Sekretaris Riksa Bid. SDM), Brigp Bill R. Wattimuri, jabatan Banum Itbid 2 (Anggota selaku Operator), Briptu Ferry Sabandar Jabatan Banum Itbid 2 ( Operator ).

Pelaksanaan Pembukaan Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasda Polda Maluku Tahap I T.A. 2023 Aspek Perencanaan dan Pengorganisasian Pada Polres Kepulauan Tanimbar berakhir dan dilanjutkan dengan pendalaman oleh Tim Audit Itwasda Maluku pada bagian Sat, Seksi, Polsek Jajaran.(S-26)