JAKARTA, Siwalimanews – Irjen Refdi Andri resmi menjabat sebagai Kapolda Maluku menggantikan Irjen Baharudin Djafar yang dimutasikan sebagai Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri, setelah resmi dilantik oleh Kapolri Jenderal Idham Azis di Rupattam Mabes Polri, Jumat (20/11).

Upacara sertijab Kapolda Maluku serta 7 kapolda lainnya ini dilakukan sesuai mutasi yang tertuang dalam surat telegram Kapolri Nomor ST/3222/XI/KEP/2020 tertanggal 16 November 2020 yang ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Sutrisno Yudi Hermawan.

Walaupun sertijab dilakukan secara tertutup, namun usai upacara Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Awi Setiyono kepada wartawan menjelaskan, Kapolri Jenderal  Idham Azis dalam amanatnya memerintahkan kapolda yang baru dilantik agar mempersiapkan pengamanan pilkada serentak 2020.

“Pak Kapolri tadi instruksikan kepada semua kapolda yang baru dilantik tadi agar segera persiapkan personelnya untuk laksanakan pengamanan pilkada serentak,” jelas Setiyono.

Baca Juga: Persiapan Pensiun, Kapolda Dimutasi ke Mabes Polri

Selain itu, Kapolri juga memberi pesan perihal netralitas anggota selama penyelenggaraan pilkada. Dimana para kapolda diminta memastikan seluruh personelnya menjaga netralitas selama pilkada.

Kapolri juga menyinggung soal pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021.

“Diharapkan para Kapolda melakukan kegiatan-kegiatan yang menimbulkan empati kepada masyarakat, yang simpatik dengan menggelar operasi, termasuk kegiatan pelayanan Covid-19, kegiatan pemberian bantuan kepada masyarakat, bansos, masker, dan hand sanitizer,” paparnya.

Ini susunan Kapolda yang dilantik

Kapolda Bali dari pejabat lama Irjen Petrus R Golose akan mendapat penugasan ke institusi lain. Penggantinya adalah Widyaiswara Utama Sespim Lemdiklat Polri Irjen Putu Jayan Danu Putra.

Kemudian, Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar yang dimutasi menjadi Analis Kebijakan Utama Baharkam Polri diserahkan kepada pejabat baru Koorsahli Kapolri Irjen Refdi Andri.

Sementara, posisi yang ditinggalkan Refdi selaku Koorsahli Kapolri akan dijabat oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana. Irjen Nana sedniri digantikan oleh Irjen Fadil yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jatim.

Kemudian Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta menduduki jabatan baru selaku Kapolda Jatim. Posisi Kapolda Kalsel diisi oleh Irjen Rikwanto yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Maluku Utara. Pengganti Rikwanto adalah Kakorbinmas Baharkam Polri Irjen Risyapudin Nursin.

Berikutnya, Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dimutasi menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim. (S-45)