AMBON, Siwalimanews – Kepala BEI Kantor Perwakilan Maluku, Alberto Dachi mengatakan, keterlibatan ASN untuk berinvestasi  di pasar modal hanya 17 persen. Walaupun begitu, investasi  tersebut sudah meningkat dan hampir sama dengan presentasi dari investasi yang dilakukan oleh pekerja swasta.

“Untuk presentasi investor dengan profesi PNS di Maluku besarnya 17 persen dan  itu sendiri sudah lumayan karena dibandingkan dengan profesi pegawai swasta, presentasinya hanya 18,5 persen,” jelas Alberto kepada Siwalima melalui telepon selulernya, Selasa (17/9).

Sementara keterlibatan mahasiswa dan pelajar pada investasi di Bursa Efek lanjutnya, sudah 36 persen.

“Jadi tidak terlalu jauh untuk pegawai swasta dengan PNS.

Untuk kalangan pelajar dan mahasiswa sebesar 36 persen. Sisanya tersebar di profesi-profesi lain, yang presentasinya dibawah 10 persen,” tutur dia.

Baca Juga: Ikan Mati tak Pengaruhi Daya Beli Masyarakat

Untuk itu, dalam beberapa waktu kedepan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada ASN yang ada dilingkup Pemkot Ambon. Hal tersebut bertujuan untuk menginformasikan kepada ASN tentang manfaat dari berinvestasi.

“Kalau yang nanti kegiatan memang dikhususkan untuk ASN kota dan kalau untuk masyarakat umum, tiap hari Sabtu kami buka kelas edukasinya, dan banyak kegiatan-kegiatan sosialisasi lain juga ke instansi-instansi,” tambah dia.

Lebih jauh kata Alberto, kegiatan terssebut direncanakan akan dilaksanakan di Hotel Marina pada tanggal 20 September mendatang. Karena itu, pihaknya masih menunggu keputusan dari Walikota Ambon.

Ia berharap, dengan sosailisasi yang dilakukan dapat memberikan informasi yang seluas-luasnya kepada ASN yang ada, sehingga ASN dapat berinvestasi di pasar modal mengingat investasi di pasar modal akan sangat menguntungkan dan berdampak bagi perekonomian dari ASN yang ada.

“Tujuannya sama seperti sosialisasi-sosialisasi kami yang lain yaitu, untuk mengenalkan investasi pasar modal kepada masyarakat dan untuk kegiatan ini untuk ASN kota,” tujarnya. (S-40)