Ini Lima Pesan Kapolri di HUT Polairud

AMBON, Siwalimanews – Direktorat Polairud Polda Maluku memperingati HUT Polairud ke-69 dengan penuh kesederhanaan dan dalam suasana kekeluargaan.

Peringatan HUT Polairud RI tersebut dilaksanakan dalam satu upacara yang dipusatkan di Dermaga Polair di Desa Lateri Rabu (4/5) bertindak selaku Inspektur Upacara Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa.

Kapolri Jenderal Idham Azis dalam sambutannya yang dibacakan kapolda menyampaikan lima pesan yang harus dijalankan oleh seluruh jajaran Polairud, Pertama, jaga kesehatan pribadi dan keluarga serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang maha Esa. Kedua, jaga kehormatan pribadi, kesatuan dan institusi Polri, dengan tidak melakukan pelanggaran yang dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Ketiga, tingkatkan kinerja dan kerjasama yang sinergis dnegan TNI, kementerian/lembaga dan seluruh elemen masyarakat disemua tingkatan guna mendukung berbagai agenda nasional dan kebijakan pemerintah,

Empat, terus pelihara kesiapsiagaan personil, sarana dan prasarana pendukung serta persiapkan rencana dengan optimal dalam setiap tugas yang diberikan dan, Kelima, lakukan inovasi dan terobosan kreatif dalam memberikan pelayanan, khususnya di wilayah perairan serta pulau-pulau terluar sehingga memberikan manfaat besar bagi masyarakat.

“Kelima pesan saya yang ditekankan ini, perlu dipedomani dan dilaksanakan olehs eluruh jajaran Polairud,” tandas Kapolri.

Dikatakan, sepanjang tahun 2019 Polairud telah mendapat penambahan delapan armada kapal polisi dan satu unit helikopter bell 429, dismaping itu juga direncanakan akan ada penambahan kapal patroli cepat dan helikopter angkut.

Dengan adanya penambahan sarana tersebut, diharapkan eksistensi Polairud semakin dirasakan masyarakat maupun institusi Polri. Oleh karena itu perlu diingatkan kepada seluruh jajaran Polairud untuk senantiasa meningkatkan kesiapsiagaan personel, serta sarana dan prasarana pendukung dalam setiap pelaksanaan tugas.

“Kita memahami bersama bahwa tantangan Polri kedepan semakin kompleks, dimana terdapat berbagai agenda nasional yang harus dikawal,” kata Kapolri

Menurutnya, berbagai agenda nasional yang perlu dikawal yakni keberlanjutan berbagai operasi khusus kepolisian dan antisipasi kejadian kontijensi lainnya, seperti bencana alam dan konflik sosial yang harus dapat segara ditanggulangi.

Berkaitan dengan hal tersebut, berbagai upaya pemenuhan sarana dan prasarana juga terus dilakukan guna mendukung Polri dalam menjaga stabilitas keamanan dalam negeri.

“Sebagaimana tema yang diangkat pada peringatan HUT tahun ini yakni ‘SDM Ungul dengan Almatsus Modern, Korpolairud Baharkam Polri Siap Menjaga Stabilitas Dalam Negeri,” ujarnya.

Pada kesempatan juga Kapolri menyampaikan belasungkawa kepada personil Polairud yang gugur dalam berbagai penugasan. Semoga Allah SWT memberikan balasan atas pengorbanan dan pengabdiannya, serta bagi keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dan ketabahan.

“Selaku pimpin Polri dan atas nama seluruh keluarga besar Polri, dengan rasa bangga saya ucapkan selamat ulang tahun ke-69 kepada 7.795 personil Polairud dimanapun bertugas. Semoga Polairud semakin profesional, unggul, modern serta  senantiasa menjadi kebanggaan masyarakat, bangsa dan negara,” ucapnya.(S-27)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *