AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif, membuka rapat kerja teknis (Rakernis) Fungsi Teknis Samapta dan Pam Obvit Polda Maluku di Manise Hotel, Selasa (19/4).

Rakernis Fungsi Teknis Samapta dan Pam Obvit sendiri digelar sebagai tindaklanjut Rakernis dari Baharkam Polri yang bertujuan untuk menyamakan persepsi taktis yang strategis dalam mengamankan wilayah hukum Polda Maluku.

Dalam kegiatan yang mengusung tema Mengefektikan Tugas Preventif Sabhara dalam Program Presisi untuk Mengamankan Program Prioritas Nasional dengan Mewujudkan Kamtibmas yang Kondusif dalam Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural Menuju Indonesia Maju ini, Kapolda menekankan sejumlah arahan, salah satunya soal kehadiran Polri di tengah masyarakat adalah untuk memberikan perlindungan dan pengayoman.

Kapolda menekankan agar ke depan, tampilan kinerja dan eksistensi fungsi teknis Sabhara dan Pam Obvit adalah sebagai fungsi pencegahan dalam pemeliharaan kamtibmas.

“Selain itu juga memberikan perlindungan dan pengayoman terhadap masyarakat, sebagai kehadiran Polri di tengah-tengah masyarakat,” kata Kapolda.

Baca Juga: Pemprov Belum Ajukan Usulan Penjabat Kepala Daerah

Dalam menjalankan tugas, Kapolda mengaku, para personel haruslah dilengkapi dengan peralatan yang telah diberikan oleh negara. Peralatan itu dapat membela diri dari serangan kejahatan.

“Inti dari arahan saya adalah fungsi preventif, fungsi pencegahan, kehadiran kalian di masyarakat sangat sangat dinantikan. Aturlah tugas-tugas lapangan yang disebut dengan patroli, ada jalan kaki, bersepeda, bermotor, dan sebagainya,” ingatnya.

Lebih lanjut Kapolda juga mengaku, tugas Samapta dan Pam Obvit adalah mencegah.

“Teruslah menjadi polisi – polisi yang protagonis atau polisi yang menjadi kerinduan masyarakat, bukan polisi yang antagonis atau polisi yang dibenci oleh masyarakat. Jadilah polisi yang selalu dicintai dan dirindukan oleh masyarakat,” pintanya.

Kapolda juga meminta para peserta rakernis dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

“Tingkatkan intensitas pelaksanaan tugas fungsi Sabhara dan Pam Obvit di lapangan guna memberikan rasa aman, tentram, damai kepada masyarakat,” ucapnya.
Pada kesmepatan itu, Kapolda meminta setiap personel untuk melaksanakan segala bentuk pengamanan sesuai SOP dan tetap selalu humanis.

“Jauhkan dengan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri dan keluarga, seperti narkoba, KDRT, pungli, miras dan lain sebagainya. Terus junjung nama baik polri (Polda Maluku) dengan melaksanakan tupoksi yang profesional, ikhlas dan penuh dengan totalitas,” himbaunya. (S-10)