AMBON, Siwalimanews – Dari total 550 pasien positif Covid-19 yang sampai saat ini masih menjalani perawatan, jumlah terbanyak ada pada Kota Ambon dengan 454 pasien disusul Kabupaten Maluku Tengah dengan 48 pasien serta Kota Tual 16 pasien.

Selanjutnya Kabupaten Seram Bagian Barat dengan 11 pasien, Kabupaten Maluku Tenggara 10 pasien, Kabupaten Buru 9 pasien, serta Aru dan Kabupaten Bursel masing-masing 1 pasien.

“Untuk hari ini Satgas Covid mencatat tak ada penambahan kasus baru, sehingga jumlah kasus positif masih tetap pada 3.863 kasus. Jumlah ini merupakan angka kumulatif dari 550 pasien dalam perawatan, 3.266 pasien sembuh dan 47 pasien meninggal dunia,” rinci Ketua Harian Satgas Covid-19 Provinsi Maluku Kasrul Selang kepada wartawan di kantor Gubernur Maluku, Senin (2/11).

Sedangkan untuk angka kesembuhan mengalami penambahan menjadi 3.266 pasien, setelah hari ini tercatat sebanyak 34 pasien dinyatakan sembuh.

Puluhan pasien yang dinyatakan sembuh hari ini juga terbanyak ada pada Kota Ambon dengan 25 pasien, Kabupaten Buru 5 pasien, 2 pasien asal Kabupaten Maluku Tengah serta 2 pasien lagi berasal dari Kabupaten Seram Bagian Barat.

Baca Juga: Peserta PBI BPJS Kesehatan dapat Vaksin Covid-19 Gratis

“Untuk suspek sampai dengan saat ini masih tetap dengan 364 suspek dengan rincian, Kota Ambon 362 suspek dan Kabupaten Maluku Tengah 2 suspek,” urai Kasrul.

Dari total 11 kabupaten/kota di Maluku sampai dengan saat ini, hanya 3 kabupaten yang tetap masih berada di zona hijau. Ketiga kebupaten tersebut yakni, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Kabupaten Maluku Barat Daya serta Kabupaten Seram Bagian Timur.

“Kita berharap masyarakat di 8 kabupaten/kota lainnya yang masih terdapat pasien positif Covid-19 agar dapat taat protokol kesehatan serta mengikuti arahan pemerintah agar dapat memutus rantai penyebaran virus ini,” harap Kasrul. (S-39)