AMBON, Siwalimanews – Jhon Saiya pemuda Negeri Aboru, Kecamatan Haruku, Kabupaten Maluku Tengah ini nekat melakukan aksi ekstrimnya dengan cara melompat dari atas KM Dorolonda yang sementara berlayar keluar dari Ambon (Tanjung Alang-red).

Alasan pria 23 tahun ini melakukan aksi itu cukup mencengangkan, dimana dirinya yang hendak merantau keluar Maluku, tidak tega dan terus kepikiran ibunya yang berada di Negeri Aboru.

Peristiwa tersebut terjadi pada Minggu (15/5), saat KM Dorolonda dari Pelabuhan Ternate tiba di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon. Saat itu  penumpang KM Dorolonda tujuan Surabaya mulai naik ke kapal, termasuk Jhon Saiya yang diantar oleh ayahnya Matheos Saiya.

Namun ditengah perjalanan, dimana posisi kapal berada di depan Negeri Laha, Saiya nekat melompat dari atas kapal.

“Jhon Saiya awalnya berada di deck 3 kapal bersama seorang kakak perempuannya, tiba tiba dia teringat dengan ibunya yang sudah lansia dan tinggal sendirian di Desa Aboru, kemudian korban pun tanpa berbicara langsung berdiri dan berjalan naik menuju ke ke tepian kapal di dek 7 dan langsung melompat ke laut,” jelas Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Moyo Utomo kepada wartawan di Ambon, Senin (16/5).

Baca Juga: Jadi Guru Tamu, Mendikbudristek Masuk Kelas Bersama Desta

Mengetahui ada penumpang yang lompat, Nahkoda Kapal Kapten Ridwan, langsung memutar balik untuk mencari korban. Beberapa saat kemudian korban ditemukan dalam keadaan selamat.

Korban kemudian diantar kembali menuju Pelabuhan Yosudarso dengan mengunakan speed boat.

“Korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, kemudian dinaikan ke speed boat dan dibawa kembali ke Pelabuhan Yos Sudarso selanjutnya dimintai keterangan di Kantor KSOP, setelah itu, korban kemudin diserahkan kembali ke keluargannya,” tandas Utomo. (S-10)