AMBON, Siwalimanews – Walaupun saat ini masyarakat Kota Ambon digegerkan dengan adanya ribuan ikan mati di pantai Pulau Ambon, namun tak mempengaruhi daya beli ikan di pasar.

Pantauan Siwalima, di Pasar Mardika dan Batu Merah, Selasa (17/9), animo masyara­kat untuk membeli ikan masih seperti biasa. Bahkan ikan yang mereka jual pun masih dalam kondisi segar.

Wahyu salah satu penjual ikan di Pasar Mardika mengakui, sejak pagi banyak masyarakat yang datang membeli ikan.

“Memang ada beredar seperti itu, tapi sejak pagi tadi animo masyarakat yang datang membeli cukup banyak, jadi seperti biasa tak ada pengaruhnya, dan ikan yang saya jual ini ikan karang, seperti kerapu, barona, dan lainnya,”ujar Wahyu.

Menurutnya, harga ikan karang memang cukup mahal sebab saat ini sedang musim gelombang sehingga banyak nelayan yang tak pergi melaut.

Baca Juga: 406 Kos-kosan Tercatat Jadi Wajib Pajak

“Untuk ikan karang memang mahal, biasanya banyak yang beli itu dari restauran dan rumah makan. Untuk ikan Kerapuh Rp. 50 ribu hingga Rp. 70 ribu/enam ekor, Bubara dan Baronang Rp. 75 ribu/ekor tergantung dengan ukuran,” jelasnya.

Hal yang sama juga dikata­kan, Rudi Wally salah satu pedagang di Pasar Batu Merah yang mengakui, animo masya­rakat yang membeli ikan masih tetap normal.

Pasalnya, walaupun ada fenomena ikan mati namun masyarakat tetap mengkon­sum­si ikan, karena ikan yang dijual merupakan ikan-ikan segar.

“Kan masyarakat sudah bisa tahu sendiri dalam memilih ikan, mana ikan segar dan bukan. Apalagi masyarakat punya daya pilih ikan itu tinggi,” terangnya.

Tak hanya itu, ketika ditanya dengan harga ikan lain seperti ikan Cakalang, Layang, dan kembung, ia mengakui saat ini harga ikan segar mahal.

“Harga ikan mahal bu, sudah beberapa hari ini angin kencang makanya banyak nelayan yang tak berani pergi melaut,” kata Wally, kepada Siwalima.

Untuk diketahui, harga ikan segar seperti ikan cakalang yang ditawarkan pedagang yakni Rp. 70 ribu hingga Rp. 150 ribu/ekor tergantung ukuran, dari sebelumnya Rp. 50 ribu hingga Rp. 100 ribu, ikan Layang Rp. 20 ribu/empat ekor dari sebelumnya Rp. 20 ribu/delapan ekor, dan ikan Kembung Rp. 20 ribu/ empat ekor dari sebelumnya Rp. 20 ribu/enam ekor. (S-40)